Selamat datang di Berita Lampung Online

Buku Lingkungan Budaya Jakarta ajarkan istri simpanan

Thursday, April 12, 20120 komentar

Berita Lampung - Buku Lingkungan Budaya Jakarta ajarkan istri simpanan : Buku pelajaran 'Lingkungan Budaya Jakarta' untuk anak kelas 2 SD diprotes karena memuat kisah 'Bang Maman dari Kali Pasir' yang memuat cerita tentang perebutan harta dan istri simpanan. Pengarang cerita, penulis buku hingga penerbit dinilai ngawur dan tak memahami makna budaya.

"Tidak mendidik, tidak bertanggung jawab, budaya masa yang begitu. Pengarang, penerbit tidak bertanggung jawab. Makna kebudayaan tidak dipahami, tidak membuat anak-anak beradab," jelas Direktur Institute for Education Reform (IER) Universitas Paramadina, Utomo Dananjaya.

Hal itu disampaikan Utomo dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (12/4/2012). IER pernah melakukan penelitian buku teks pelajaran sekolah dasar.

Utomo menambahkan, penulis buku ajar itu kurang cerdas mengarang untuk mengajarkan hal baik dan buruk. Kisah Bang Maman yang terlalu sinetron dinilai terlalu konkret dan kurang simbolis. Simbolis di sini merujuk pada dongeng anak-anak pada umumnya.

"Ya itu seperti sinetron, jelas sekali jalan ceritanya, seperti kehidupan yang sesungguhnya. Terlalu konkret, kurang simbolis. Salah menggunakan sumber penerbitnya. Menerbitkan buku begitu, pengarangnya maksudnya bercanda tapi tidak bermutu," kritik Utomo.

Buku Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta
itu terbitan PT MK. Buku itu menjadi pegangan di sekolah SD Angkasa kelas 2, Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur. Buku itu harus dibeli secara paket di sekolah oleh siswa.

Dalam kisah "Bang Maman dari Kali Pasir" di buku itu, diceritakan Bang Maman meminta seorang perempuan bernama Patme untuk mengaku-ngaku sebagai istri simpanan Salim. Tindakan itu dilakukan agar putri Bang Maman yang bernama Ijah, mau menceraikan Salim. Bang Maman ingin Ijah cerai dari Salim karena sang menantu sudah jatuh miskin.


Untuk mendapatkan Berita update hari ini kunjungi Berita Lampung
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger