Selamat datang di Berita Lampung Online

Hasil Pilkada Minahasa Selatan Putaran Dua

Wednesday, October 13, 20100 komentar

Berita Lampung Hasil Pilkada Minahasa Selatan Putaran Dua : Persaingan super ketat dipastikan akan terjadi dalam putaran kedua pemilihan bupati dan wakil bupati (pilbup) Minahasa Selatan, yang digelar hari ini Kamis (14/10) . Ini bakal terjadi karena tipisanya perbedaan perolehan suara pasangan Asiano Gammy Kawatu-Felly Estelita Runtuwene (AGK-FER) dan Christiany Eugenia Paruntu-Sonny Tandayu (PanTas).

Dalam Hasil Pilkda Minahasa Selatan putaran pertama 3 Agustus lalu, AGK-FER berhasil menempati posisi pertama dengan 33.229 suara atau 26,97 persen dari 123.218 total suara sah. Posisinya ditempel ketat PanTas dengan 33.982 suara (25,95%). Kedua pasangan ini hanya berbeda 1.287 suara (1,02%). PanTas dipastikan akan berupaya membalikkan kekalahan 'babak pertama' menjadi kemenangan dalam 'babak kedua' nanti.

Hal sebaliknya juga pasti dilakuakn AGK-FER. Mereka jelas tak mau 'pole position' berakhir tragis di garis finish. Optimisme kedua pasangan ini, yang sama-sama yakin bisa terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Minsel periode 2010-2015 ini, didasari banyaknya warga yang memilih tak menyalurkan suara mereka dalam pilbup 3 Agustus. Rekapitulasi KPUD Sulut menunjukkan ada 29.526 warga yang golput.

Potensi menambah koleksi suara juga kian besar karena gabungan suara para pemilih empat pasangan lainnya yang kalah di putaran pertama, Farry Liwe-Frangky Wongkar, Andry Umboh-Syultje Rambi, Johny Sumual-Jantje Wauran dan Jan Lombok-Kartini Simbar, mencapai 58.007. Jumlah itu belum termasuk suara tak sah yang mencapai 2.045 suara.

Perebutan suara golput dan para pendukung pasangan calon lain itu merambat hingga tingkat elit politik. Partai Demokrat, misalnya, menyatakan mendukung PanTas yang diusung Partai Golkar itu. Sebaliknya, PDIP mendukung AGK-FER yang diusung gabungan parpol pemilik kursi di DPRD Minsel. Hanya saja, calon usungan PDIP, Farry Liwe, memilih ke PanTas. Begitu pula dengan Prof JLL Lombok.Kami yakin menang, karena massa militan PDIP semakin mempertegas dan mempertahankan kemenangan AGK-FER di putaran pertama lalu,Kita lihat saja nanti.

Berikut Perelehan Suara Sementara Pilkada minahasa Selatan Minsel Putaran Dua :
pasangan Christiany Paruntu-Sonny Tandayu meraih 50.760 suara atau 55% dan

pasangan Gemmy Kawatu-Felly Runtuwene mengumpulkan 40.892 suara atu 45%.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger