Selamat datang di Berita Lampung Online

Hasil Pilkada Kota Jayapura Dua Putaran

Sunday, October 24, 20100 komentar

Berita Lampung Hasil Pilkada Kota jayapura Dua Putaran ; Pemilihan wali kota Kota Jayapura, Papua akhirnya berlangsung dua putaran karena enam calon yang maju di putaran pertama, tidak satupun memperoleh minimal 30 persen suara sah. "Setelah melalui perhitungan rekapitulasi surat suara pada Jumat (21/10), KPU Kota Jayapura, Papua, menetapkan dua pasangan calon wali Kota Jayapura, maju ke putaran kedua," kata Ketua KPU Kota Jayapura, Hendrik Bleskadit, di Jayapura, Sabtu (23/10).

Pasangan tersebut adalah Benhur Tommy Mano-Nur Alam (nomor urut 2), dengan perolehan 36.769 suara (29,13 persen) dan Jan Hendrik Hamadi-Lievelien Ansanay Monim (nomor urut 4), dengan perolehan 24.985 (19,79 persen). Sementara empat pasangan lainnya memiliki suara di bawahnya, yakni Abisai Rollo-Reynalda Kaisepo (nomor urut 1), 15.985 suara (12,66 persen), Musa Youwe ? Rustan Saru (nomor urut 3), 19.723 suara (15,62 persen).

Thobias Solossa - Haryanto (nomor urut 5), 24.815 suara (19,66 persen) dan pasangan nomor urut enam, Fredrick Toam - Jimmy Ansanay, dengan perolehan 3.971 suara (3,15 persen).

Hendrik mengatakan, dengan melihat ketentuan yang ada bahwa masing-maisng calon tidak mencapai 30 persen plus satu, maka akan dilihat dua pemenang yang memiliki suara terbanyak prosentasenya. "Dengan demikian pasangan Tommy Mano - Nur Alam dan Hendrik Hamadi - Lievelien Ansanay, yang akan masuk dalam dua putaran," ujar Bleskadit.

Pleno KPU yang berlangsung sehari mendapat pengawalan ketat aparat kemanan, karena beberapa warga masyarakat asli Port Numbay, julukan Kota Jayapura, terus melakukan aksi demonstrasi damai di depan Hotel Matoa, tempat kegiatan. Semua perhitungan surat suara sudah final. Untuk suara sah berjumlah 126.245 atau 100 persen dan surat suara yang tidak sah sebanyak 2.279,? jelas Bleskadit, pria asal Sorong, Papua ini.

Total suara 128.524 dari suara yang terpakai, kata dia, karena semua telah melaui tahapan perhitungan pada tingkat Panitia Pemilihan Distrik (PPD), pada lima distrik yang ada di Kota Jayapura. "Jadi setelah semua persentasenya di hitung, maka hanya dua calon pemenang suara terbanyak pertama dan kedua yang maju dua putaran," tandasnya
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger