Selamat datang di Berita Lampung Online

Pemilukada Klaten Di Gelar Hari Ini

Sunday, September 19, 20100 komentar

Pemilukada Klaten Di Gelar Hari Ini ; Pemilihan Umum Kepala Daerah Pilkada Kabupaten Klaten Hari Ini di Gelar diikuti tiga pasangan calon, yakni Sunarna-Sri Hartini (SH), Agus Winarno-Sri Kertati (Asri) dan Sarjono-Agus Murtana (Noto) diprediksi akan berlangsung seru. Pengamat politik dari Universitas Widya Dharma Klaten, Drs Sumargana MSi, menguraikan, ketiga calon cukup berbobot baik dari segi kapabilitas maupun integritas. “Tinggal menguji sebanyak apa dukungan yang mereka miliki melalui pemungutan suara.”

Menurutnya, semua pasangan punya pendukung sendiri-sendiri. Namun, pria yang juga menjabat Rektor Unwidha itu mengatakan, calon petahana atau SH mempunyai keberuntungan lebih baik karena start lebih awal, memegang komando birokrat serta dukungan partai cukup besar. Yang perlu diwaspadai, katanya, apakah dukungan partai berjalan wajar dan normal atau malah terpecah-pecah di antara pada kadernya.

Sebaliknya, lawan-lawan incumbent juga masih mempunyai kans memperoleh dukungan sebanyak-banyaknya. Disinggung mengenai angka kehadiran pemilih, Sumargana memperkirakan pemilih yang Golput cukup tinggi karena tak sedikit warga bekerja di luar Klaten. Menurutnya, jajaran civitas akademika Unwidha diterjunkan ke lapangan untuk memantau pelaksanaan Pilkada Kabupaten Klaten 2010 di sekitar domisili masing-masing.

Di atas kertas, SH yang diusung koalisi PDIP (507.336 suara dalam Pileg), PKS (184.753 suara), Partai Demokrat (235.901 suara) dan didukung PPP (67.799 suara) lebih unggul dibanding lawan-lawannya, Asri yang diusung Partai Golkar (297.478 suara) dan didukung PKB (44.102 suara) serta 20-an Parpol kecil yang tergabung dalam Klaten Bergerak serta Noto yang diusung PAN (167.800 suara), Partai Hanura (65.397 suara) dan didukung Partai Gerindra (83.588 suara).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Sunarna menggunakan hak pilih di TPS 1 Tonggalan, Klaten Tengah sedangkan Sri Hartini di TPS 4 Desa Teloyo, Kecamatan Wonosari. Agus Winarno mencoblos di TPS 7 Desa Nangsri, Manisrenggo sedangkan Sri Kertati di TPS 9, Jomboran, Klaten Tengah. Sedangkan Sarjono memilih di TPS 1 Desa Gembegan, Kalikotes dan Agus Murtana di TPS 1 Desa Belangwetan, Klaten Utara.

Pada bagian lain, tim kampanye ketiga pasangan mengklaim jagonya bakal meraih kemenangan telak atas lawan-lawannya. Ketua tim kampanye SH, Agus Riyanto menuturkan, pihaknya mematok target kemenangan 70%. “Kemenangan ditargetkan tersebar merata di seluruh wilayah,” ungkapnya. Dia menguraikan, seluruh kader dan jajaran struktural telah diinstruksikan untuk menyukseskan kemenangan SH.

Ketua tim kampanye Asri, Anang Widayaka menguraikan berdasarkan Hasil survei, Asri menguasai 49%-50,3% suara warga Klaten. “Tagline perubahan yang kami usung sepertinya cukup mengena di hati masyarakat yang sependapat, ” jelasnya. Oleh sebab itu, pihaknya tak ragu mentargetkan kemenangan. Apalagi, pihaknya sudah menggerakkan struktural partai untuk mempertahankan suara di basis-basis Golkar. KitaTunggu Hasil Quik Count Pemilukada Klaten 2010 Sore nanti Siapakah yang Pantas memimpin kabupaten Klaten Lima Tahun mendatang.

Ketua tim kampanye Noto, Atwal Arifin mengatakan, pihaknya juga mentargetkan menang namun tanpa prosentase tertentu. “Tim dan relawan diterjunkan ke lapangan untuk memastikan kemenangan Noto,” tandasnya.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger