Selamat datang di Berita Lampung Online

Polisi Siap Amankan Pilkada Sumenep putaran kedua

Friday, August 6, 20100 komentar

Polisi Siap Amankan Pilkada Sumenep putaran kedua : Sebanyak 1.323 polisi siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), putaran kedua, pada Selasa (10/8/2010). Kapolres Sumenep AKBP Pri Hartono Eling Lelakon, Jumat (6/8/2010) sore, menjelaskan, ribuan personel pengamanan pilkada putaran kedua merupakan gabungan dari anggota Polres Sumenep, polres di tiga kabupaten lain di Madura, dan Polda Jatim.

“Personel pengamanan pilkada kedua lebih banyak dibandingkan putaran pertama karena Polda Jatim menambah anggota yang ditugaskan ke Sumenep,” katanya usai memimpin apel kesiapan pengamanan pilkada putaran kedua di halaman Mapolres Sumenep.

Dia juga mengatakan, untuk sementara, personel bantuan pengamanan pilkada putaran kedua yang tiba di Sumenep adalah anggota Direktorat Polisi Perairan Polda Jatim dan Satuan Brimob di Pamekasan.

“Untuk personel bantuan dari tiga polres lainnya di Madura dan Satuan Brimob Polda Jatim dijadwalkan tiba di Sumenep pada Minggu (8/8/2010). Bantuan yang diberikan Satuan Polisi Perairan Polda Jatim lengkap dengan kapalnya,” katanya menuturkan.

Saat ini, kapal polisi Anis Macan/614 sudah sandar di Pelabuhan Kalianget. “Kapal polisi tersebut akan bergerak untuk kepentingan patroli dan bisa bergeser ke wilayah kepulauan, jika ada gangguan keamanan,” papar Pri Hartono Eling Lelakon.

Pri Hartono juga mengemukakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pimpinan Polda Jatim untuk meminta bantuan sarana transportasi berupa helikopter dalam rangka pengamanan pilkada putaran kedua. “Pada pengamanan pilkada putaran pertama, Polda Jatim menyiagakan satu unit helikopter,” katanya.

Pilkada Sumenep putaran kedua yang akan dilaksanakan pada 10 Agustus 2010 diikuti dua pasangan calon yakni Azazi Hasan-Dewi Khalifah atau “Assifa” dan A. Busyro Karim-Sungkono Sidik atau “Abussidik”.

Pelaksanaan pilkada di Sumenep berlangsung dua putaran karena hasil perolehan suara pasangan calon peserta pilkada putaran pertama (14/6/2010) tidak ada yang mencapai 30 persen. Berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara hasil pilkada putaran pertama tingkat kabupaten (21/6/2010), KPU Sumenep memutuskan pasangan “Assifa” dan “Abussidik” sebagai peserta pilkada putaran kedua.Pilkada Sumenep putaran pertama diikuti oleh delapan pasangan.

Mereka adalah “Assifa”, “Abussidik”, Malik Effendi-Rahmad atau “Mamad” (PAN dan Partai Hanura), dan Bambang Mursalin-M. Saleh Abdullah atau “Basmalah” (Partai Demokrat, Partai Golkar, PKS, dan 17 partai politik).

Kemudian, Samaruddin Toyyib-Abdul Kadir atau “Sa-Ya” (perseorangan), Kafrawi-Djoko Sungkono atau “KD” (perseorangan), Ilyas Siraj-Rasik Rahman atau “Iman” (perseorangan), dan Sugianto-M. Muhsin Amir atau “SMS” (PPP dan PDP).
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger