Selamat datang di Berita Lampung Online

Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Kabupaten Sumenep Jawa Timur 2010

Sunday, June 13, 20100 komentar

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar rapat pleno, Kamis 29 Oktober 2010, untuk menetapkan jadwal tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2010. Sesuai jadwal tahapan pilkada yang telah ditetapkan dalam rapat pleno KPU Sumenep pada Kamis ini, kata Thoha, hari H pilkada dipastikan pada 14 Juni 2010.

Sementara untuk seleksi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pilkada dilakukan pada 6 Desember 2009 hingga 1 Januari 2010. Sedangkan pengolahan data pemilih hingga pengesahan daftar pemilih tetap pilkada dilakukan pada 26 Desember 2009 hingga 16 Maret 2010.


Pengumuman pendaftaran bakal calon/kandidat pilkada, baik perseorangan maupun yang diusung partai politik (parpol) hingga penetapan nomor urut kandidat dimulai pada 5 Januari 2010 hingga 17 April 2010. Sementara proses pengadaan logistik pilkada hingga pendistribusiannya ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilakukan sejak 1 Februari 2010 hingga 13 Juni 2010.

Untuk pelaksanaan kampanye dimulai pada 28 Mei 2010 hingga 10 Juni 2010. Kamapnye tersebut terdiri atas tiga kegiatan, yakni penyampaian visi dan misi calon, debat antar kandidat dan kampanye terbuka. (1)

Penetapan Nomor urut Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumenep 2010

KPU Sumenep, menetapkan nomor urut 8 pasangan calon yang maju pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) setempat, pada Selasa 27 April 2010. Ketua KPU Sumenep, Thoha Shamadi, ST, MH mengatakan, pengambilan nomor urut tersebut dilakukan sendiri oleh masing-maisng pasangan calon dalam rapat pleno terbuka dengan agenda penetapan nomor urut pasangan calon.

Sesuai pengambilan nomor urut yang dilakukan pasangan calon sendiri dan selanjutnya ditetapkan oleh KPU Sumenep, yakni ;

1. Pasangan Azasi Hasan-Dewi Khalifah
2. Pasangan A. Busyro Karim-Sungkono Siddik
3. Pasangan Malik Effendi-Rahmad
4. Pasangan R. Bambang Mursalin- M. Saleh Abdullah
5. Pasangan M. Samaruddin Toyyib-Abdul Kadir
6. Pasangan M. Kafrawi-Djoko
7. Pasangan Ilyasi Siraj-Rasik Rahman
8. Pasangan Sugianto-M. Muhsin Amir

Pilkada Sumenep yang digelar 14 Juni, jumlah daftar pemilih sebanyak 884. 741 jiwa dan akan diikuti delapan pasang calon bupati dan wakil bupati. Mereka yaitu Azasi Hasan-Dewi Khalifah (Koalisi 5 parpol), A. Busyro Karim-Sungkono Sidik (PKB-PDIP), Malik Effendi-Rahmad (PAN), Bambang Mursalin-M. Saleh Abdullah (Koalisi Demokrat), Samaruddin Toyib-Abdul Kadir (perseorangan), M. Kafrawi-Djoko Sungkono (perseorangan), Ilyas Siraj-Rasik Rahman (perseorangan), dan Sugianto- M. Muhsin Amir (PPP). (2)

Pengamanan Pilkada Kabupaten sumenep 2010
Pola pengamanan di TPS rawan berbeda dengan TPS di wilayah daratan. Edi Purwanto menjelaskan jika di TPS biasa hanya ditempatkan seorang anggota kepolisian dan dua anggota Linmas, maka di TPS rawan dijaga sekitar 3 anggota polisi da enam anggota Linmas. “Pasukan sudah kita kirim sejak H-4,” tuturnya.

Sementara itu total personel keamanan yang diterjunkan mengamankan pelaksaan pilkada Sumenep yang akan digelar 14 Juni besok mencapai 9.715 personel. Kepala Sub Bagian Operasional Kepolisian Wilayah Madura, Ajun Komisaris Besar Abdul Mukti sebelumnya mengatakan ribuan personel itu terdiri 1.085 personel TNI Polri dan 8630 anggota Linmas. (3)

Hasil Penghitungan Suara Pilkada Kabupaten Sumenep 2010

Referensi :
1. script intermedia.com
2. Website Kabupaten Sumenep
3. Tempo Interaktif
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger