Selamat datang di Berita Lampung Online

Polres Purworejo Siap Amankan Pilkada

Tuesday, July 13, 20100 komentar

Berita Lampung Polres Purworejo Siap Amankan Pilkada ; Polres Purworejo bersiap menyambut pilkada 2010. Sebanyak 600 personil akan disiagakan untuk mengamankan pilkada. Sementara, gelar pasukan dan simulasi pengamanan kerusuhan dalam pilkada berlangsung di Alun-Alun Kota Purworejo, Selasa (13/7).

Kapolres Purworejo AKBP Agus Krisdiyanto mengatakan pihaknya menyiapkan 600 personil kepolisian untuk pilkada 2010. Petugas dari polres akan dibantu anggota TNI dan instansi lain seperti aparat perlindungan masyarakat (linmas) Pemerintah Kabupaten Purworejo.

Dia mengatakan selama proses pilkada sejumlah kerawanan harus diwaspadai. Potensi gangguan keamanan itu antara lain premanisme dan kerusuhan massa. Penyebab timbulnya gangguan keamanan umumnya adalah kecurangan dalam pilkada, seperti praktik politik uang. Selain itu, pergerakan massa pendukung pasangan calon juga berpeluang menimbulkan gesekan yang berujung pada gangguan keamanan.

"Money politic jangan sampai dilakukan oleh para calon karena sangat berpotensi memicu aksi anarkis. Kami berharap pemilukada 2010 akan lancar dan kondusif,” ujarnya seusai gelar pasukan, Selasa (13/7).

Kapolres menambahkan gelar pasukan operasi Mantap Praja Pengamanan Pemilukada 2010diperlukan untuk menyiapkan anggotanya dalam menghadapi situasi terburuk seperti huru hara massa. Pengamanan pilkada, katanya, memerlukan kerjasama berbagai pihak. Pihaknya bertekad mengamankan pilkada sesuai prosedur dan tidak akan melanggar HAM.

Dalam gelar pasukan, Polres Purworejo menyimulasikan penanganan kerusuhan yang dipicu praktik politik uang. Polisi bekerjasama dengan TNI, Satpol PP dan petugas linmas. Aparat kepolisian menghadapi massa yang emosi dan menuntut pembubaran KPU. Simulasi itu menggambarkan bentrok fisik antar demonstran bersenjata dan polisi. Seorang demontsran disimulasikan tewas.

Polres mengerahkan ratusan personil dan mobil water canon dari Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Purworejo. Massa yang beringas memaksa polisi menembakkan peluru karet. Tindakan polisi justru menyulut amarah massa yang menyandera ketua KPU. Bahkan demonstran juga menyiapkan bom untuk meledakkan gedung. Kerusuhan akhirnya dapat dipadamkan setelah polisi mengerahkan satuan anti teror dari Polwil Kedu.

"Setelah simulasi ini, kami berharap anggota siap mengamankan jalannya pemilihan kepala daerah," kata Kapolres.

Sebelumnya, juga telah menyiapkan 4208 petugas linmas yang akan mengamankan 1565 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 494 desa dan kelurahan di Purworejo. Kepala Seksi Linmas Kantor Kesbangpolinmas menyatakan tiap desa dan TPS akan dijaga oleh dua petugas linmas.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger