Selamat datang di Berita Lampung Online

Pilkada Kabupaten Purworejo Periode 2010-2015

Monday, July 26, 20100 komentar

Pilkada Kabupaten Purworejo Periode 2010-2015 ; Pemilihan umum Kepala Daerah Pilkada Purworejo 2010 pada 31 Juli 2010 diikuti sembilan pasangan calon, enam pasangan diusung partai politik dan gabungan partai politik, sedangkan tiga lainnya maju melalui jalur perseorangan, Penetapan calon kepala daerah dihadiri delapan pasangan yang telah mendaftar. Pasangan Ponidjo-Yophi Prabowo datang terlambat setelah penetapan dibacakan secara resmi dan nomor urut pasangan diundi.

Ketua KPU Purworejo Muslikhin Madiani menyatakan penetapan kontestan pilkada telah melalui serangkaian verifikasi administrasi dan verifikasi faktual syarat pencalonan.
Enam kontestan yang diusung partai politik Berdasarkan Nomor Urut calon Bupati Purworejo periode 2010 - 2015 adalah :

1. Pasangan Akhmad Fauzi-Supeniwati (14 partai politik non parlemen),
2. Pasangan Legiman Misdiyono-Hartono (Independent)
3. Pasangan Mahsun Zain-Suhar (Partai Golkar),
4. Pasangan Yuswantoro-Subeno (PDIP).
5. Pasangan Ashal Badri-Fatkur Rejeki, (Independent)
6. Pasangan Angko Setiyarso Widodo-Sudiyo (Independent)
7. Pasangan Yuniarso Kwartono Adi-Zaenal Mustofa (PKB, Gerindra)
8. Pasangan Ponidjo-Yophi Prabowo (Partai Demokrat),
9. Pasangan Daromi Irdjas-Subkhan (PAN, PPP, Partai Pelopor, Partai Pemuda Indonesia)

Pencetakan Surat Suara dan Logistik Pilkada Purworejo
Proses pencetakan surat suara Pilkada Purworejo diawasi langsung aparat kepolisian bersama KPU dan Panwas. surat suara Pilkada 2010 bentuknya memanjang ke bawah. Setiap lajur samping kanan kiri berisi tiga pasang calon. KPU mengambil kebijakan warna background foto semua pasangan calon dibuat seragam warna putih. "Warna latar belakang foto diseragamkan putih semua,

Ukuran surat suara, panjangnya 46, 5 sentimeter dan lebar 28 sentimeter. Ukuran foto masing-masing paslon dengan ukuran 10 x 8 sentimeter. "KPU akan menyediakan surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen dari jumlah DPT,Logistik lain adalah alat coblos sekaligus alas, tinta dan juga sampul surat suara. Jumlah alat coblos dan alas dua kali lipat jumlah TPS, yakni 3.130 buah.

Pengamanan Pilkada Purworejo
Polres Purworejo menyiapkan Sebanyak 600 personil akan disiagakan untuk mengamankan pilkada,Petugas dari polres akan dibantu anggota TNI dan instansi lain seperti aparat perlindungan masyarakat (linmas) Pemerintah Kabupaten Purworejo. serta 4208 petugas linmas yang akan mengamankan 1565 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 494 desa dan kelurahan di Purworejo. Kepala Seksi Linmas Kantor Kesbangpolinmas menyatakan tiap desa dan TPS akan dijaga oleh dua petugas linmas.

Hasil Pilkada Kabupaten Purworejo 2010 Putaran Pertama
Pasangan Daromi-Subhan yang diusung PAN, PPP, Partai Pelopor, dan Partai Pemuda Indonesia menduduki peringkat pertama dengan memperoleh 71.039 suara atau 18,92 persen, sedangkan di urutan kedua pasangan Mahsun-Suhar yang diusung Partai Golkar memeroleh 66.257 suara atau 17,64 persen dari suara sah.

Urutan ketiga ditempati pasangan Ponidjo-Yophi Prabowo yang diusung Partai Demokrat dengan meraih 57.168 suara atau 15,22 persen. Pasangan Ahmad Fauzi-Supeniwati yang diusung PBB, PPRN, PKNU, Partai Hanura, PKPB, Partai Patriot, Partai Republikan, PDS, PPD, Partai Barnas, PDK, PPIB, PNI Marhaenisme dan PDP memperoleh 47.093 suara atau 12,54 persen.

Pasangan perseorangan Legiman Misdiyono-Hartono berhasil mengumpulkan 36.677 suara atau 9,77 persen, kemudian pasangan Yuswantoro-Subeno yang diusung PDI Perjuangan mengumpulkan 35.892 suara atau 9,56 persen.

Pasangan perseorangan Angko Setiyarso Widodo-Sudiyo mendapat 31.367 suara atau 8,35 persen. Pasangan koalisi PKB-Partai Gerindra, Yuniarso Kwartono Adi-Zaenal Mustofa mendapat 19.812 suara atau 5,28 persen, dan urutan terakhir ditempati pasangan perseorangan Ashal Badri-Fatkhur Rejeki dengan memperoleh 10.201 suara atau 2,72 persen.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger