Selamat datang di Berita Lampung Online

KIPP Rekrut Ribuan Pelajar Awasi Pilkada Malang

Tuesday, July 13, 20100 komentar

Berita Lampung KIPP Rekrut Ribuan Pelajar Awasi Pilkada Malang : Sedikitnya empat ribu orang pelajar SMA di Kabupaten Malang, Jawa Timur, bakal direkrut Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) setempat untuk mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) daerah itu pada 5 Agustus 2010.

Ketua KIPP Kabupaten Malang Ruhadi Rarundra, Seperti Dikutip Team Berita Lampung dari Liputan6.com Selasa menyatakan, ribuan pelajar tersebut direkrut dari sekitar 48 SMA swasta yang tersebar di 33 kecamatan yang ada di wilayah itu.

"Saya sudah berkoordinasi dengan dewan sekolah, dan pekan ini ada pertemuan dengan dewan sekolah di Kecamatan Gondanglegi guna membahas persiapan pengawasan yang melibatkan ribuan pelajar ini termasuk teknis dan waktu pembekalan," katanya menambahkan.

Keterlibatan ribuan pelajar tersebut, tidak hanya sebatas pada pengawasan saat pelaksanaan pencoblosan, tapi juga mengawasi proses penghitungan surat suara di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Menurut dia, ribuan pelajar tersebut akan disebar di 4.046 TPS yang tersebar di 33 kecamatan, dan mereka juga akan dibekali formulir C1. Formulir itu berisi tentang suara sah, suara tidak sah, dan perolehan suara masing-masing calon.

KIPP sebagai lembaga pemantau yang sudah terakreditasi ditunjuk Panwas Kabupaten Malang sebagai lembaga yang ikut membantu dalam pengawasan pelaksanaan pilkada daerah itu yang digelar 5 Agustus mendatang.

Sementara jumlah petugas pemantau pemilu lapangan (PPL) yang membantu panwas jumlahnya sangat terbatas. Satu desa atau kelurahan hanya memiliki satu PPL, padahal jumlah TPS di masing-masing kelurahan atau desa mencapai 10-40 TPS
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger