Selamat datang di Berita Lampung Online

Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) Sumatera Barat 2010

Sunday, June 27, 20100 komentar

Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) Sumatera Barat 2010 : Komisia Pemilihan Umum Sumatera Barat menetapkan Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Barat Serentak pada 30 Juni 2010. Penetapan itu dikukuhkan melalui Keputusan KPU Sumatera Barat No. 6/2010 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat,

Dari 13 kabupaten kota yang akan ikut Pilkada serentak, sebanyak 6 kepala daerah belum sepakat dengan dana dan tidak ikut menandatangani kesepakatan. Keenam daerah itu adalah Sijunjung, Agam, Limapuluh Kota, Padangpariaman, Tanahdatar, dan Kabupaten Solok.

Dana KPU Sumatera Barat untuk Pilkada gubernur yang disetujui Pemerintah Sumatera Barat Rp 72,56 miliar. Dana itu termasuk penyediaan semua peralatan dan distribusi logistik untuk pilkada provinsi dan Pilkada di 13 kabupaten kota.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mengumumkan 68 calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada 30 Juni 2010 mendatang., Kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada pada 30 Juni mendatang yakni, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Sijunjung.

Selanjutnya, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten solok. Selain itu, pemilihan dua pasang walikota dan wakil walikota juga termasuk dalam agenda pilkada serentak yakni, Kota Solok dan Kota Bukittinggi.

Tercatat sekitar 2.633.820 orang terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara yang terdiri dari 1.290.273 orang pemilih laki-laki dan 1.343.547 pemilih perempuan.Tahapan kampanye Pilkada serentak Sumbar dimulai 13 Mei hingga Juni , Pemungutan suara pada 30 Juni ini akan dilakukan dengan cara mencoblos. Anggaran Pilkada Sumatera Barat Sebesar Rp. 72.591.059.703

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat 2010
Pemilihan nomor urut pasangan calon peserta Pilkada Sumbar di laksanakan di Hotel Pangeran Beach, Padang, Kamis 29 April 2010.

1. Prof.DR.Ediwarman, SH.M.Hum – Drs.Husni Hadi
Diusung oleh 22 partai yang menamakan diri Koalisi Partai Maju Bersama (KPMB). Ediwarman (56) lahir 25 Mei 1954. Saat ini tercatat sebagai staf pengajar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU).

Sementara wakilnya Husni Hadi (49) lahir 16 April 1961. Husni tercatat sebagai purnawirawan TNI AD. Pada pilkada Kota Padang 2008, namanya juga pernah terdengar sebagai salah satu calon Walikota Padang.

2. Prof.DR.Marlis Rahman, M.Sc – Drs.Aristo Munandar
Diusung oleh Partai Golkar serta didukung oleh PDI-P. Marlis Rahman (68) lahir 9 Juni 1942. Saat ini ia menjabat sebagai Gubernur menggantikan Gamawan Fauzi. Sebelumnya Marlis merupakan Rektor Unand. Aristo Munandar yang menjadi wakil Marlis Rahman lahir 15 Oktober 1950. Saat ini ia masih menjabat sebagai Bupati Agam selama dua periode sejak tahun 2000.

3. Prof.DR.Irwan Prayitno, M.Psi – Drs.Muslim Kasim, Ak
Pasangan yang memperoleh nomor urut tiga adalah Prof. DR. H. Irwan Prayitno,Psi.M.Sc – Drs.H. Muslim Kasim,Akt. MM. Pasangan yang disingkat dengan Irwan-MK diusung oleh koalisi PKS, Hanura dan PBR. Irwan lahir 47 tahun lalu pada 20 Desember 1963. Irwan saat ini menjabat sebagai anggota Komisi I DPR -RI. Wakil Irwan Prayitno, Muslim Kasim lahir 28 Mei 1942. Muslim merupakan Bupati Padang Pariaman dua.

4. Drs.Endang Irzal, AKt – Drs.Asrul Syukur
Diusung oleh Partai Demokrat serta didukung oleh Partai Gerindra. Endang lahir 30 Agustus 1957. Saat ini ia merupakan Direktur Utama Semen Padang. Wakilnya Asrul Syukur lahir 5 Mei 1951. Asrul merupakan pensiunan PNS dengan jabatan terakhir sebagai Plt Sekprov Sumbar.

5. Drs.Fauzi Bahar,M.Si – Drs. Yohannes Dahlan, M.Si
Diusung oleh koalisi PAN dan PPP. Fauzi lahir 16 Agustus 1962. Saat ini Fauzi merupakan Walikota Padang untuk kedua kalinya sejak 2004 lalu. Yohannes Dahlan yang mendampingi Fauzi Bahar, lahir 17 Agustus 1950. Ia merupakan mantan Sekda Provinsi Sumatera Barat dan saat ini menjabat sebagai komisaris utama Bank Nagari.

Hasil Pinghitungan Cepat Cuiq Count Pilakda Sumatra Barat 2010

Hasil Pilkada Sumatera Barat 2010
No. Nama Pasangan Perolehan Suara
1 Prof.DR.Ediwarman, SH.M.Hum – Drs.Husni Hadi
2 Prof.DR.Marlis Rahman, M.Sc – Drs.Aristo Munandar
3 Prof.DR.Irwan Prayitno, M.Psi – Drs.Muslim Kasim, Ak

4 Drs.Endang Irzal, AKt – Drs.Asrul Syukur
5 Drs.Fauzi Bahar,M.Si – Drs. Yohannes Dahlan, M.Si
1. Kandidat Bupati Kabupaten Agam,
No. Nama Pasangan Perolehan Suara
1 Ardinal Hasan-Yandril
2 Syufyarma Marsidin-Syafruddin Arifin
3 Indracatri-Umar
4 Guspardi Gaus-Muksis Malik
5 Ediwar-Murdani

2. Kandidat Bupati Kabupaten Padang Pariaman,


3. Kandidat Bupati Kabupaten Pasaman,


4. Kandidat Bupati Kabupaten Pasaman Barat,
No. Nama Pasangan Perolehan Suara
1 Risnawanto-Nofrizal
2 Akmaluddin Batubara-Epi Santoso
3 Baharuddin R-Syahrul Dt Marajo
4 H Syahiran- Asgul
5. Kandidat Bupati Kabupaten Tanah Datar,


6. Kandidat Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota,


7. Kandidat Bupati Kabupaten Sawah Lunto Sijunjung.


8. Kandidat Bupati Kabupaten Dharmasraya,


9. Kandidat Bupati Kabupaten Pesisir Selatan,
No. Nama Pasangan Perolehan Suara
1 Akmal Nesal-Marlina Amri
2 Nasrul Abit-Edi Tiawarman
3 Syafrizal-Saidal Maspiudin
4 Hasdanil-Mukhrizal
5 Bakri Bakar-Risnaldi


10. Kandidat Bupati Kabupaten solok.


11. Kabupaten Padang


12. Kandidat Walikota Solok


13. Kandidat Walikota Bukittinggi.

Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger