Selamat datang di Berita Lampung Online

Pameran Jakarta Fair (Jak Fair) Pameran Bisnis Terbesar

Wednesday, June 9, 20100 komentar

Berita Lampung Pameran Jakarta Fair (Jak Fair) Pameran Bisnis Terbesar :Mulai 10 Juni hingga 11 Juli mendatang, Pekan Raya Jakarta (PRJ) kembali digelar. Pihak Jakarta International Expo (JIExpo), penyelenggara PRJ, berharap, ajang ini bisa menjadi pusat pameran bisnis terbesar di Indonesia, bahkan internasional. Tak kalah dibanding Hong Kong.

Pameran yang juga sering di­sebut Jakarta Fair (Jak Fair) itu akan memamerkan produk dari berbagai daerah, kota, dan ka­bu­paten di Indonesia. Hingga awal pekan ini, sudah 27 provinsi men­daftarkan diri sebagai peserta pa­meran yang digelar di bekas ban­dara Kemayoran itu.

“Kita majukan PRJ sebagai bis­­nis pameran terbesar dan ber­harap bisa menjadi pusat pereko­no­mian dan perdagangan yang tak kalah dibanding Hongkong dan negara lainnya,” kata Mana­ging Director JIExpo, Budi San­toso kepada wartawan di gedung Pusat Niaga JIExpo, Jakarta.

Dia meyakinkan, legitimasi JI­Expo sudah diatur dalam per­atur­an daerah (perda). Isinya me­nyatakan, pameran berkelas in­ter­nasional ini memang bertempat di kawasan Kemayoran. Dengan de­mikian, lanjut Budi, sudah jelas pemprov sendiri yang me­ng­ingin­kan Kemayoran menjadi tempat penyelenggaraan PRJ dan hibah diberikan kepada DKI dengan sa­ham DKI 13,125 persen yang me­le­kat di PRJ. “Kalau ti­dak di­selenggarakan oleh JI­Expo, harus diubah dulu perda­nya, ka­rena lan­dasan kita adalah perda,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Budi juga menuturkan, kali ini PRJ me­ngambil tema “PRJ 2010 Tu­rut Memperkokoh Ekonomi Na­sio­nal.” Tujuannya, mempromo­si­kan seluruh produk dalam negeri agar lebih bersaing dengan pro­duk lain­nya. “Kita akan lebih meng­ga­lakkan produk nasional dengan target pembeli internasio­nal, bu­kan sebaliknya, karena gu­na pa­meran ini untuk memajukan industri dalam negeri juga,” jelasnya

Selain itu, tambah Budi, pihak JIExpo juga berencana membuat pameran langgeng de­ngan membangun kawasan Cen­tral Bisnis Distrik (CBD) di Ke­ma­yoran, bekerja sama dengan Pe­merintah Provinsi (Pemprov) DKI. CBD ini akan dibangun di kawasan ring dua JIExpo yang memiliki luas 44 hektare, demi menunjang aktivitas bisnis di Ja­karta dan lingkup nasional.

Karena dengan adanya pame­ran, akan berdampak pada tran­saksi tiap tahun, terlebih dengan adanya kantor perwakilan ini. Un­tuk itu, pihak JIExpo juga su­dah menunjuk master planner dari Hong Kong, untuk mem­ba­ngun hotel, perkantoran dan per­bankan sebagai penunjang pame­ran.

“Ini seperti yang saya lihat di Hong Kong dan negara-negara lainnya,” ungkap Budi lagi. Da­lam tiga bulan ini, menurutnya, akan segera dikoordinasikan oleh Pemda DKI untuk mencocokkan dengan rencana tata ruang wila­yah (RTRW) di Jakarta.

Selain rencana pengembangan PRJ, pelaksanaan PRJ juga akan memperhatikan masalah kebersi­han lebih ketat lagi. Motto “PRJ Ber­sih Jakarta Bersih” pun di­kampanyekan PRJ untuk menun­jang kegiatan pemprov dalam me­wujudkan DKI yang bersih.

Dia juga menjelaskan, tahun ini, JIExpo mentargetkan pening­katan signifikan dibanding yang sudah dicapai tahun sebelumnya. Yakni dengan mentargetkan tran­saksi mencapai Rp 3 triliun dan dengan jumlah pengunjung hing­ga 3,5 juta.

Demi meraih target itu, lanjut­nya lagi, urusan kualitas pun tak pernah terkesampingkan. Hingga masalah kaki lima dan makanan khas Betawi, Kerak Telor misal­nya, sudah dikelola Lembaga Ke­budayaan Betawi (LKB). Bahkan untuk urusan parkir pun menurut­nya, pihaknya telah bekerjasama dengan “ahli parkir”, yakni Adi Parkir, di samping bekerjasama dengan Dinas Perhubungan.

Demikian juga dengan harga tiket yang masih sama seperti ta­hun lalu, yakni Rp 15 ribu per orang pada hari Senin hingga Ju­mat, dan Rp 20 ribu per orang pa­da hari libur dan Sabtu hingga Minggu, Budi berharap, akan te­tap merangsang masyarakat datang ke arena PRJ
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger