Selamat datang di Berita Lampung Online

Hasil Pilkada Poso dan Tojo Una-Una incumbent Unggul

Saturday, June 5, 20100 komentar

Berita Lampung Hasil Pilkada Poso dan Tojo Una-Una incumbent Unggul : Penghitungan suara sementara pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Poso dan Tojo Una-Una, Rabu (02/06), memperlihatkan perolehan dua incumbent yang bertarung masih belum terkejar.

Di Poso, calon bupati Piet Inkiriwang sementara unggul telak, sedang di Tojo Una-Una, calon bupati Damsyik Ladjalani juga unggul. Hanya saja keunggulan tersebut dibayangi ketat Muhammad Lahay. Namun, hasil ini masih sementara dan bisa berubah.

Merujuk data KPU Poso, yang dihimpun Kamis (3/6), calon Piet Inkiriwang yang diusung Partai Demokrat unggul dengan persentase meyakinkan sebesar 38,16 persen. Secara berurutan, posisi kedua hingga keempat ditempati pasangan Sony Tandra-Mulyadi, Frans Sowolino-Burhanuddin dan Hendrik-Abdul Muthalib Rimi.

Meski hasil ini masih sementara, Piet diperkirakan tetap unggul. Sejauh ini data di KPU Poso yang masuk sebesar 118.920 suara atau 83.67 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 142.136 pemilih.

Hasil sementara Pilkada Poso ini sejak awal telah diprediksi sejumlah kalangan. "Sebagai purnawirawan Polri yang sempat menjabat sebagai Kapolres, Piet sangat cerdas dan paham bagaimana harus menperlakukan warganya," ujar Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Sintuwu Maroso Poso, Suwardi Pantih.

Ketua Tim Pemenangan Pasangan Frans-Burhanuddin, Sony Kapito, mengaku masih menunggu hasil penghitungan suara saksi. Ketua Tim Pemenangan Pasangan Sonny Tandra-Muljadi, Burhanuddin Hamzah, mengaku optimistis akan terjadi dua putaran.

Di Tojo Una-Una, hasil penghitungan sementara menunjukkan calon incumbent Damsyik Ladjalani bersaing ketat dengan Muhammad Lahay. Di kabupaten ini, tujuh kandidat bersaing merebut 92.008 suara di 329 tempat pemungutan suara (TPS) di sembilan kecamatan.

Namun, sejauh ini, menurut Anggota KPU Tojo Una-Una Muhammad Takdir, belum satu pun data dari setiap TPS masuk ke KPU. “Memang ada laporan, namun baru laporan lisan,” katanya

Merujuk data yang lansir ORARI setempat, meski bersaing ketat, calon Damsyik Ladjalani sementara berada di posisi pertama dengan jumlah suara 24.079 diikuti Muhammad Lahay 22.715. Urutan ketiga Tahmidy Lasahido–Asad Akuba meraup 10.620.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger