Selamat datang di Berita Lampung Online

Hasil Pilkada Tojo Una-Una Belum Jelas Dua Kubu Rayakan Kemenangan

Saturday, June 5, 20100 komentar

Berita Lampung Hasil Pilkada Tojo Una-Una Belum Jelas Dua Kubu Rayakan Kemenangan : Dua pendukung pasangan calon bupati di Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah, Damsik Ladjalani dan Ahmad Lahai, sudah saling merayakan kemenangan.

Di kediaman Damsik, Kelurahan Dondo, tidak kurang 500 pendukung incumbent itu sudah salam-salaman. Sementara di kediaman Ahmad Lahai, Jalan Lapasere, juga memperlihatkan hal yang sama. Ratusan massa datang memberikan ucapan selamat.

Massa yang tak kalah banyaknya hingga mencapai ribuan nampak juga di rumah wakil pasangan Ahmad Lahai, Saiful Bahri Tanjungbulu di Jalan Muh. Hatta. Saking banyaknya, Jalan Trans Sulawesi ini terpaksa ditutup.

Pasca pemungutan suara Pilkada Tojo Una-Una, hingga kini perolehan suara tujuh kandidat yang bertarung tak jelas. Akibatnya, suasana di Ampana, ibukota Tojo Una-Una, menjadi tegang. Sejumlah pendukung kandidat berkumpul dan memblokade jalan di sekretariat pemenangan mereka.

Hingga saat ini masyarakat masih dilanda kebingungan akan hasil pemungutan suara. Ada informasi yang menyebutkan pasangan nomor urut 1 Damsik Ladjalani-Jamal Juarejo sebagai pemenang, namun tak sedikit pula yang menyebutkan pasangan nomor urut 5 Ahmad Lahay-Saiful Bahri Tanjungbulu sebagai pemenangnya.

Udin, Anggota Tim Pemenangan Ahmad Lahay, mengakui hingga tadi malam hasil pemungutan suara masih simpang siur. Menurut Udin, menyitir pernyataan seorang Anggota KPU Tojo Una-Una, Ahmad Lahay memenangkan Pilkada dengan perolehan suara 34 persen lebih.

Udin mengatakan anggota KPU itu bahkan telah memberikan ucapan selama kepada Ahmad Lahay.
Hal yang sama juga dilakukan pasangan nomor urut 3 dan pasangan nomor urut 6. Keduanya juga mengucapkan selamat pada Ahmad Lahay.

Namun, informasi ini dibantah Anggota KPU Tojo Una-Una Muhammad Takdir. Menurut dia, hingga saat ini hasil penghitungan suara belum masuk ke KPU. “Memang sudah ada informasi, namun masih bersifat lisan dan belum pasti,” katanya, Kamis siang (4/6), via telepon.

Kebenaran data ini semakin meragukan setelah hasil hitung cepat (quick count) Lembaga Survei Indonesia (LS)I menyebutkan hasil yang berbeda. LSI mengumumkan perolehan suara teratas adalah pasangan nomor urut 1 Damsik Ladjalani-Jamal Djuraejo dengan perolehan suara 31.92 persen dan nomor urut 5, Ahmad Lahay-Saiful Bahri Tanjungbulu, dengan perolehan suara 30.45 persen.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger