Selamat datang di Berita Lampung Online

Atribut Kampanye di Kabupaten Mojokerto Masih Marak

Saturday, June 5, 20100 komentar

Berita Lampung Atribut Kampanye di Kabupaten Mojokerto Masih Marak ; Masyarakat Kabupaten Mojokerto menyayangkan lemahnya sikap Komisi Pemilihan Umum maupun Panitia Pengawas setempat, karena hingga Jum’at (4/6), masih membiarkan berbagai atribut kampanye para calon bupati dan wakil bupati. Padahal, hari ini memasuki masa tenang menjelang hari pencoblosan, Senin 7 Juni 2010.

Lemahnya sikap KPU maupun Panwas bisa memancing reaksi masyarakat yang bisa menuding lembaga pelaksana dan pengawas Pilkada tersebut tidak punya keberanian menindak para calon. Apalagi di antara calon terdapat calon incumbent, yakni pasangan Suwandi-Wahyudi Iswanto, yang masing-masing masih menjabat sebagai bupati dan wakil bupati Mojokerto.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Aliansi Masyarakat Pencinta Mojokerto (AMPM) Iwut Widiantono bahkan menuding KPU dan Panwas mandul. ”Kinerja KPU maupun Panwas patut dipertanyakan,” ujarnya.

Menurut Iwut, KPU maupun Panwas seharusnya bisa menjalankan fungsinya dengan baik agar kerusuhan massa yang terjadi Jum’at, 21 Mei lalu tidak terulang.

Beradasrkan pantauan TEMPO, hingga Jum’at hari ini masih banyak baliho, spanduk, serta poster masing-masing pasangan calon yang bertebaran di berbagai lokasi, termasuk di tepi jalan utama kota Mojokerto. Poster yang ditempel di pohon dengan cara memakunya juga belum dicopot. Padahal, selain melanggar kesepakatan, penempelan atribut kampanye di pohon juga melanggar Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 39 dan 17 tahun 2010.

Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Ayuhannafiq menjelaskan, Kamis kemarin (3/6), sudah melakukan koordinasi dengan Panwas serta seluruh tim sukses masing-masing pasangan calon agar membersihkan semua atribut kampanye. ”Kami berharap hari ini sudah tidak ada lagi atribut kampanye,” ujarnya, Jum’at (4/6).

Sementara itu, Ketua Panwas Bambang Wahyu Adi mengakui banyak menerima pengaduan masyarakat tentang pemasangan atribut kampanye. Pihaknya sudah meminta masing-masing tim sukses membersihkan seluruh atribut. ”Poster yang dipasang di pohon hari ini kami copot paksa,” ucapnya.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger