Selamat datang di Berita Lampung Online

Hasil Penghitungan Suara Sementara Pilkada Kota Mataram, Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Bima, Sumbawa Dan Dompu,

Wednesday, June 9, 20100 komentar

Berita Lampung Hasil Penghitungan Suara Sementara Pilkada Kota Mataram, Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Bima, Sumbawa Dan Dompu ; Enam kabupaten/kota di NTB, masing-masing Kota Mataram, Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Bima, Sumbawa dan Dompu, Senin (7/6) kemarin secara serentak menggelar Pilkada. Kendati ada riak-riak kecil di balik suksesi lima tahunan ini, namun secara umum, pelaksanaan pesta demokrasi ini berlangsung lancar. Penghitungan suara secara keseluruhan di enam kabupaten/kota hingga pukul 22.00 WITA belum rampung. Namun, dari penghitungan sementara di masing-masing kabupaten/kota, nama pasangan calon bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota sudah terlihat.

Kendati pemenang Pilkada sudah terlihat dari hasil real count serta penghitungan secara manual yang dilakukan beberapa elemen, tetapi hasil penghitungan yang disajikan Suara NTB, baru hasil sementara. Terbuka peluang, perolehan suara untuk masing-masing calon di enam kabupaten/kota akan berubah.

Pantauan Suara NTB di Kota Mataram, seperti telah diprediksi sebelumnya, pasangan AMAN (H. Ahyar Abduh-H. Mohan Roliskana) mengungguli empat pasangan calon lainnya, ADA, BARU, FAHAM dan AKOR. Data dari KPU Kota Mataram, hingga 21.30 WITA tadi malam menunjukkan kemenangan pasangan AMAN berhasil mengantongi 83.754 (51,4 persen). Disusul pasangan FAHAM dengan perolehan 36.019 suara, BARU 22.927 suara, AKOR 14.407 dan pasangan ADA hanya 7.722. Data ini masuk dari 612 TPS dari jumlah total TPS se-Mataram 633.

Sementara dari Lombok Tengah dilaporkan, pasangan SALAM sementara memimpin. Sebanyak empat pasangan calon Bupati-Wabup Loteng, terlibat persaing ketat. Masing-masing pasangan HL. Wiratamaja – M. Bajuri Najamudin (JARI), pasangan TGH. L. Gede Sakti – Drs. HL. Elyas Munir (SALAM), pasangan HM. Suhaili FT – HL. Normal Suzana (Maiq-Meres) serta pasangan HL. Suprayatno – HL. Kelan, S.Pd (SUKE).

Data yang diperoleh Suara NTB dari pos real count di Kantor Bupati Loteng, menyebutkan, hingga pukul 19.00 WITA, pasangan SALAM berhasil menduduki peringkat teratas dalam perolehan suara. Dari total 369.813 suara yang sudah dihitung atau 56,46 persen. Dengan perolehan 96.777 suara atau 26,17 persen. Kemudian di peringkat kedua pasangan Maiq-Meres dengan memperoleh suara 89.440 atau 24,19 persen. Diperingkat ketiga pasangan JARI, sebanyak 75.799 suara atau 20.50 persen.

Sedangkan pasangan SUKE, berhasil menduduki peringkat empat. Dengan berhasil mengumpulkan suara sebanyak 16,27 persen atau sebanyak 60.179 suara. Selain keempat pasangan tersebut, perolehan suara dengan lima pasangan lainnya, tampak begitu jomplang. Pasalnya, dari lima pasangan lainnya tersebut, prosestase perolehan suaranya tidak ada yang sampai 5 persen. Pasangan Suminggah, SH – HL. Suhardi, BA (SUDI) misalnya, hanya mengumpulkan 4,3 persen atau 17.869 suara dan pasangan Drs. HL. Makmur Saleh – Drs. H. Saparudin (Masa Dato’ Lopan), 14.219 suara (3,84 persen).

Sementara itu, tiga pasangan dari perseorangan menduduki posisi tiga terbawah. Dengan pasangan L. Tajir Syahroni – M. Zainul Rifai (Tarzan) berada di urutan paling buncit. Karena hanya berhasil mengumpulkan 3.465 suara atau hanya 0,94 persen. Di atas pasangan Tarzan, pasangan L. Hadi Faesal – Fadlan Prayanegera (Abdinegara) dengan perolehan suara 4.153 suara (1,12 persen). Kalah dari pasangan independen lainnya, pasangan Drs. HL. Zoelkarnaen – Drs. H. Azhari (Nazar) yang berhasil mengumpulkan 7.912 suara (2,14 persen).

Dari Kabupaten Lombok Utara (KLU), hasil penghitungan suara sementara pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati H. Djohan Sjamsu, SH – H. Najmul Ahyar, SH. MH., dan pasangan Drs. H.Subartono – Drs. H.R. Nurjati bersaing ketat. Jika pasangan JONAunggul di Kecamatan Pemenang dan Gangga, pasangan Subur justru ungguldi Kecamatan Bayan dan Kecamatan Kayangan.

Informasi yang diperoleh di sejumlah PPK menyebutkan, proses Pilkadaberlangsung aman dan lancar tanpa mengalami hambatan yang berarti. Ketua PPK Tanjung Budiawan menerangkan data sementara yang diperoleh dari beberapa desa, seperti Desa Tegal Maja, pasangan Jasman Hadi – M.Katur (JAKA) meraih 158 suara, JONA 1.351 suara, SUBUR 903 suara dan H Ahmad Rifa’i - Syarifudin, SH (RISA) 739 suara.
Sedangkan dari Kabupaten Bima, pasangan FERSY (H. Ferry Zulkarnain, ST-Drs. H. Syafrudin H.M Nur mencatat kemenangan sementara berdasarkan hasil rekapitulasi tiap TPS di sejumlah kecamatan. FERSY unggul telak dengan perolehan 3.418 suara , bahkan nyaris jauh meninggalkan rival ketatnya, pasangan Drs. H. Zainul Arifin – Drs. H. Usman AK (ZAMAN).

Kepastian tersebut berdasarkan pantauan Suara NTB di sejumlah kecamatan dengan jumlah pemilih terbanyak, seperti Kecamatan Bolo, Donggo, Woha, Belo, Woha, Monta Ambalawi dan Sape.

Pilkada Dompu pasangan SYURGA dan Bang – Syam, saling klaim unggul. Dari hasil perolehan suara sementara, pasangan H. Syaifurrahman Salman, SE – Drs. H. Gaziamansyuri, M.Ap (SYURGA) dan pasangan Drs. H. Bambang M Yasin – Ir. H. Syamsuddin, MM (Bang – Syam) saling klaim mengungguli. Kedua pasangan inipun melakukan konvoi kendaraan untuk menunjukan kemenangan masing-masing.
Hasil yang diperoleh Suara NTB untuk data sementara pasangan Bang – Syam yaitu 35.305 suara unggul tipis atas pasangan SYURGA dan 35.056 suara.

Terakhir liputan tim Suara NTB dari Kabupaten Sumbawa, memperoleh data bahwa hasil sementara, pasangan AN-NUR unggul. Perhitungan cepat LSI yang menunjukkan perolehan suara pasangan Muh. Amin, S.H. M.Si dan Nurdin Ranggabarani, S.H, M.H, (AN-NUR) sebesar 32,63 persen membuat massa pendukung langsung bergembira.

Hasil ini juga diklaim Tim AN-NUR tak jauh beda dengan hasil perolehan suara yang dikumpulkan secara manual dari tim sukses dan saksi di lapangan. Sementara disisi lain, Tim JM-Arasy Muhkan juga memiliki data yang mengklaim JM ungguli AN-NUR dan kemungkinan Pilkada dua putaran bisa terjadi.

Dari 70 persen suara yang masuk atau sekitar 215.563 pemilih menurut data di Sekretariat Pemenangan, dari 305.184 DPT pasangan JaM-Arasy memperoleh suara 60.970 (28,28 persen) diikuti pasangan AN-NUR sebanyak 56.758 (26,33 persen).

Sementara, pasangan Mustami Hamzah-Darmawati duduk di urutan ketiga dengan perolehan 27.736 (12,9 persen) disusul Pasangan Agus Patria-Syamsul Fikri 24.785 (11,5 persen). Pasangan Muhammad Jabir-Johan Rosihan sebesar 18.717 (8,7 persen). Pasangan H. Ibrahim - DR.Iwan Jazadi memperoleh suara sebesar 15.397 (7,1 persen) dan terakhir pasangan A.Rachman Muchtar-Sudirman Indra 11.200 suara (5,20 persen).
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger