Selamat datang di Berita Lampung Online

perolehan suara sementara Jarot-Kartiyus, Firman-Fanji, Nasir-Agus Menang Telak

Wednesday, May 19, 20100 komentar

Berita Lampung perolehan suara sementara Jarot-Kartiyus, Firman-Fanji, Nasir-Agus Menang Telak ; Pasangan Bupati Bengkayang nomor tiga, Suryadman Gidot-Agustinus Naon bersaing ketat dengan nomor urut enam Moses Ahie-Sebastianus Darwis. Suara yang diperoleh Pontianak Post di lapangan, antara keduanya saling kejar mengejar. Empat calon lainnya, Mariadi-Markim, Pasti-Yunus, Jupi-Joni Abdullah dan Petrus SA-Ruma Faruma tak mampu mendongrak perolehan suaranya.

Namun demikian, pasangan Pasti-Yunus yang diusung Partai Golkar dan Republikan unggul di dua kecamatan masing-masing Monterado dan Samalantan. Ketua KPU Bengkayang Eddy A mengungkapkan, untuk mengetahui apakah pemilukada dilaksanakan dua putaran, harus diketahui terlebih dahulu jumlah suara sah. “Setelah diketahui berapa suara sah, baru dibagi masing-masing enam calon. Jika tidak satu pun yang memperoleh tiga puluh persen dari perolehan suara, maka bisa terjadi dua putaran,” kata Eddy di Kantor KPU Bengkayang.

Sementara itu, suasana pemilukada di Kabupaten Bengkayang berjalan kondusif. Terpantau, suasana kota terlihat lengang. Kantor pemerintah dan sekolah, tidak beraktivitas karena memang diliburkan. Bahkan sejumlah ruko di Kota Bengkayang tidak melayani transaksi jual beli.Sejak pagi masyarakat antusias datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya, apalagi cuaca di Kota Bengkayang dan kecamatan lainnya sangat mendukung. Hasil perhitungan sementara belum bisa memutuskan siapa yang memenangkan pemilukada ini, karena masih berada di setiap kecamatan. Di dua sekretariat kemenangan antara Gidot dan Moses masih dilakukan pencatatan perolehan suara.

Calon incumbent dominan dalam perolehan suara sementara pada pemilihan kepala daerah serentak di enam kabupaten yang digelar Kamis (19/5).

Pasangan Jarot-Kartiyus (Sintang) meraih 54,54 persen,
Firman-Fanji (Melawi) 49,96 persen dan Simon-Rupinus (Sekadau) 56,07 persen.
Sedangkan Kabupaten Kapuas Hulu pasangan Nasir-Agus meraih 11.575 suara atau 39,92 persen. Dia dibayangi pasangan Baiduri-Pamero 8.666 atau 29,98 persen. Untuk Kabupaten Ketapang, Yasir-Martin meraih 58.621 atau 31,14 persen.
Posisi kedua diraih Ismet-Suhermansyah 48.168 atau 25,59 persen.
Sedangkan perolehan suara di Kabupaten Bengkayang bersaing ketat.

Sementara itu, suasana pemilukada di Kabupaten Bengkayang berjalan kondusif. Terpantau, suasana kota terlihat lengang. Kantor pemerintah dan sekolah, tidak beraktivitas karena memang diliburkan. Bahkan sejumlah ruko di Kota Bengkayang tidak melayani transaksi jual beli.Sejak pagi masyarakat antusias datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya, apalagi cuaca di Kota Bengkayang dan kecamatan lainnya sangat mendukung. Hasil perhitungan sementara belum bisa memutuskan siapa yang memenangkan pemilukada ini, karena masih berada di setiap kecamatan. Di dua sekretariat kemenangan antara Gidot dan Moses masih dilakukan pencatatan perolehan suara.

Sementara itu, KPU Ketapang sejak sore kemarin sudah mengeluarkan perolehan hasil Pilkada berdasarkan pesan singkat dari PPK. Sampai tadi malam (pukul 21.15 WIB) perolehan hasil Pemilukada 2010 di Ketapang dari data yang dikeluarkan Desk Pemilukada Pemkab Ketapang, dan sekretariat KPU masih berpihak kepada pasangan Yasyir Ansyari-Martin Rantan SH. Dari 307.297 pemilih yang terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap) laporan dari PPK via SMS (pesan singkat) ke KPU Ketapang baru berjumlah 188.256 pemilih.
Data Sekretariat KPU, Yasyir-Martin meraup 58.521 atau 31,14 persen. Pasangan Henrikus–Boyman 46.508 atau 24,70 persen. Pasangan AR Mecer-Jamhuri Amir mendapat 34.958 atau 18,57 persen. Pasangan Ismet Siswadi-Suhermansyah mendapat 48.168 suara atau 25,59 persen.Perolehan suara yang direkap Desk Pilkada Pemkab Ketapang, sampai pukul 21.30 WIB, juga berpihak kepada pasangan Yasyir Ansyari-Martin Rantan. Update desk Pilkada yang disampaikan Aspul Anwar, Kasubbag Media Massa dan Penyaringan Informasi Setda Ketapang, Yasyir-Martin meraup 61.537 suara, Henrikus-Boyman Harun mendapat 49.263, AR.Mecer dan Jamhuri Amir 35.024 suara dan Ismet Siswadi-Suhermansyah mendapatkan 48.957 suara.

Ketua KPU Ketapang Juardhani menjelaskan data yang ditampilkan dipapan pengumuman merupakan data sementara. KPU Ketapang akan terus memperbaharui hasil tersebut apabila sudah masuk data dari penyelenggara pilkada ditingkat bawah. Hanya saja, kata dia, tiga kecamatan belum ter update datanya seperti Sungai Laur, Simpang Dua, Simpang Hulu. “Semu data merupakan hasil perolehan sementara jadi angkanya bisa berubah-ubah,” jelasnya.
Terkait klaim pasangan calon maupun data quick qount, hal tersebut sah-sah saja. Akan tetapi, lanjut Juardhani, patokan utama masyarakat tetap perolehan sementara data KPU Ketapang. Sehingga masyarakat tidak bingung dan resah. “Silakan ada perhitungan cepat namun hal tersebut hanya dikonsumsi komunitas terbatas. Bagaimanapun KPU Ketapang melakukan perhitungan sistem manual,” katanya. Bahkan tanggal 21-22 ada beberapa PPK akan melakukan apat pleno menetapkan hasil perolehan sementara

Sementara itu, Kapolres Ketapang AKBP Badya Wijaya saat menyambangi penghitungan suara di KPU Ketapang, mengatakan pilkada berjalan aman dan tertib. “Alhamdulillah proses pilkada aman, pengamanan tetap siaga hingga penentuan pemenang pilkada oleh KPU Ketapang,” katanya.

Incambent Menang
Sedangkan Kabupaten Sintang, hasil quick count Media Center Jarot-Kartiyus yang diusung Koalisi Pelangi sampai pukul 17.50 WIB, pasangan ini unggul dengan perolahan 39.013 atau 53,60 persen. Menyusul Milton-Juan 23.842 atau 32,75 persen. Pasangan Abeng-Ajung 6.904 atau 9,48 persen, dan Yansen-Antonius meraih 3.030 atau 4,16 persen. Dari hasil quic cuont tersebut total suara yang masuk 72.789 dari jumlah pemilih tetap 262.054.

Ketua Koalisi Pelangi Usmandisi optimis pasangan Jarot-Kartiyus memenangankan Pilkada Sintang 2010. “Kita optimis menang dari hasil perolehan suara semantara. Saat ini kita masih menunggu perhitungan suara dari kecamatan-kecamatan yang jauh,” jelasnya. Kemenangan ini, lanjutnya, karena Jarot yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Sintang, sangat dekat dengan rakyat. “Dia sering menjalin komunikasi dengan masyarakat,” jelasnya.

Perolehan suara sementara yang cukup dominan juga diraih Simon Petrus. Bupati Kabupaten Sekadau yang kali ini kembali maju bersama Rupinus, hingga pukul 18.00 WIB meraih suara 27.474 atau 56,07 persen. Jauh meninggalkan pasangan terkuat lainnya Abun Ediyanto-Hendri yang meraih 9.313 atau 19,01 persen. Sedangkan Masiun-Muhammad meraih 6.059 atau 12,36 persen, Pensong-Willy 3.942 atau 8,04 persen, dan pasangan Djafar-Yosef 2.214 atau 4,52 persen. Penghitungan suara dari 49.002 suara yang masuk.

Jumlah pemilih tetap Kabupaten Sekadau 125.616.Bupati Sekadau Simon Peterus berharap pilkada dapat berjalan mulus dan lancar sesuai mekanisme yang berlaku. “Sesuai dengan undang-undang masyarakat yang sudah cukup umur mendapatkan hak pilihnya secara langsung di TPS masing-masing,” ucapnya.Mengenai kemungkinan-kemungkinan kesalahan yang terjadi di lapangan Simon mengatakan tidak menutup kemungkinan terjadinya kehilapan-kehilapan dalam proses tahapan selanjutnya. Namun sejauh ini menurutnya sudah berang tentu pihak penyelenggara mengantisipasi kemungkinan yang bisa saja terjadi tersebut
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger