Selamat datang di Berita Lampung Online

Sumber Air Panas Bandung Diduga dari Gas Metan

Wednesday, March 17, 20100 komentar

Sumber Air Panas Bandung Diduga dari Gas Metan, Kepala Bidang Pengamatan Gempa Bumi dan Gerakan Tanah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) I Gede Swantika memperkirakan sumber air panas yang ditemukan di salah satu rumah di Cieunteung merupakan gas metan.

Pasalnya, kata Gede, kawasan tersebut berada di daerah aliran sungai. "Mungkin saja itu berasal dari pembebasan gas metan. Itu kan daerah aliran sungai yang biasanya mengandung bahan organik yang menghasilkan gas metan," kata Gede saat dihubungi wartawan, Rabu (17/3/2010) malam.

Gede menambahkan, jika bau belerang, berarti sumber air tersebut merupakan sulfur. Namun, kata dia, jika tidak bau belerang, berarti berasal dari gas metan.

"Kalau tidak bau belerang biasanya metan. Kita siap membantu kalau memang di sana membutuhkan. Kalau sudah ada surat, kita akan menyelidikinya," kata Gede.

Lebih jauh Gede meminta warga di sekitar sumber air panas tersebut tidak menyalakan rokok. Sebab, kata dia, gas metan akan bisa meledak jika tersulut api. "Warga diharapkan tenang. Tapi jangan menyalakan rokok di daerah sekitar karena khawatir meledak," kata Gede.

Warga Kampung Cieunteung Desa Baleendah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung dihebohkan dengan temuan sumber air panas di salah satu rumah korban banjir RT 3 RW 20 setelah banjir surut tiga hari lalu. Sumber air panas tersebut keluar dari tanah setelah lantai rumah tersebut dibongkar kemarin siang sekira pukul 12.00 WIB.
Sumber :http://news.okezone.com/read/2010/03/18/340/313511/sumber-air-panas-bandung-diduga-dari-gas-metan
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger