Selamat datang di Berita Lampung Online

Pilkada Pesawaran Badarudin dan Yusuf Ngotot Maju

Friday, January 15, 20100 komentar

Pilkada Pesawaran Badarudin dan Yusuf Ngotot Maju, Massa pendukung calon bupati dan wakil bupati Pesawaran dari jalur independen, Badarudin dan Yusuf Purba, mendemo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesawaran, Jumat (15-1).

Massa menuntut KPU Pesawaran menerima pasangan Badarudin-Yusuf untuk mengikuti Pilkada Pesawaran 2010. Massa yang dipimpin langsung Badarudin dan Yusuf mempertanyakan verifikasi syarat dukungan yang dilakukan KPU sehingga pasangan ini dinyatakan tidak berhak untuk mengikuti tahapan pilkada selanjutnya. Mereka datang ke kantor KPU dengan menggunakan sepeda motor dan mobil.

Ketua Tim Sukses Badarudin-Yusuf, Aria Winanda, menilai KPU Pesawaran telah lalai dalam melakukan proses perbaikan berkas dukungan terhadap calon independen. Aria bahkan memberi tenggat waktu dua hari agar KPU Pesawaran memperbaiki kesalahannya itu.

Badarudin menuding KPU Pesawaran sengaja menghambat mereka untuk maju dalam pilkada. "KPU telah menzalimi karena sudah memvonis kami tidak bisa mencalonkan diri tanpa alasan yang jelas. KPU tidak pernah menyampaikan perbaikan syarat dukungan kepada kami," kata Badarudin.

Suasana sempat memanas ketika massa meminta bukti hasil verifikasi yang dilakukan oleh PPK maupun PPS di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran. Massa juga mendesak KPU Pesawaran membolehkan pasangan Badarudin-Yusuf untuk mendaftarkan diri sebagai calon bupati-wakil bupati dan memperbaiki berkas dukungan.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Pesawaran Dery Hendryan didampingi anggota Nurul Hidayah dan Sepriadi, mengatakan pasangan Badarudin-Yusuf tidak memenuhi syarat baik dari sisi sebaran dukungan di 50% dari jumlah kecamatan serta jumlah dukungan yang tidak mencapai 5%."Ini semua berdasarkan hasil verifikasi di tingkat PPK hingga PPS," kata Dery.

Ia juga menambahkan KPU Pesawaran akan menggelar rapat dengan kelompok kerja pencalonan perseorangan. "Hasil verifikasi di tingkat bawah (PPK dan PPS, red) menyebut jika hanya tiga daerah sebaran dukungan," kata Dery.

Ada tiga pasang calon independen menyerahkan dukungan ke KPU Pesawaran pada 21 Desember 2009 lalu. Ketiga pasangan itu adalah Dimyadi-Syahroji, Firman Rusli-Badaruddin Utih, serta Badarudin-Yusuf Purba.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger