Selamat datang di Berita Lampung Online

Mentan Suswono siapkan Rp 215 ganti Itik yang mati

Sunday, January 13, 20130 komentar

Berita Lampung hari ini - Mentan Suswono siapkan Rp 215 ganti Itik yang mati : Menteri Pertanian (Mentan) Suswono siapkan Rp 215 miliar untuk penggantian itik masyarakat yang mati terkena virus maupun berpotensi terkena virus. "Kita sudah minta Kementerian Keuangan anggaran sebesar Rp 215 miliar untuk penggantian ternak, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa cair," ujar Suswono ketika ditemui di Kantor Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (11/1).

Saat ini, lanjut Suswono, sebanyak 160 ribu itik mati karena virus dengan total kerugian sebesar Rp 1,5 miliar. Namun, dari total itik di seluruh Indonesia sebanyak 50 juta itik, anggaran sebesar itu dibutuhkan.

"Ada sekitar 12 Provinsi yang sudah terjangkit, Jawa semuanya, Lampung, Riau, Kalimantan belum tapi punya potensi tersebar dari Brebes atau Tegal. Tapi petani ini reaktif, begitu ada yang mati langsung jual yang hidup meski dengan harga murah, padahal mungkin ini berpotensi terjangkit," paparnya.

Selain ganti rugi ini, Suswono menyatakan pihaknya akan melakukan kegiatan lain untuk membasmi virus tersebut. "Nanti ada pembersihan kandang, ketahanan tubuh ternak dan dalam 1 bulan ini kita bisa identifikasi dan temukan vaksinnya, nanti 4 Februari kita buat 1 juta dosis vaksin lah," tandasnya. Untuk mendapatkan Berita update hari ini kunjungi 

Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger