Selamat datang di Berita Lampung Online

Lampung Layak Jadi Ibu Kota RI inilah alasannya

Friday, January 18, 20130 komentar

Berita Lampung hari ini - Lampung Layak Jadi Ibu Kota RI inilah alasannya : Beberapa tahun lalu, wacana pemindahan pusat pemerintahan RI pernah mencuat. Kini, wacana itu muncul lagi. Pemicunya, apalagi kalau bukan banjir.

Laboratorium Politik dan Otonomi Daerah Universitas Lampung (Labpolotda Unila) bersama Pusat Studi Kota dan Daerah Universitas Bandar Lampung (PSKD UBL), pernah melakukan kajian, apakah Lampung pantas menjadi lokasi penempatan pusat pemerintahan RI.

Saat itu, tim diketuai oleh Drs Saffarudin MA, dan anggotanya adalah IB Ilham Malik ST MT, Arizka Warganegara SIP MA, Ahmad Faisol SE MM, dan Bagus. Tim ini disebut Tim Lima. Kesimpulan dari kajian Tim Lima, dari beberapa lokasi penempatan yang pernah ada seperti Palangkaraya, Jonggol, Papua, dan Yogyakarta, penempatan di wilayah Lampung jauh lebih layak. Apa alasannya?

"Pulau Jawa adalah zona kegiatan ekonomi nasional Indonesia. Sehingga, pemindahan pusat pemerintahan RI tidak bisa terlalu jauh, namun tidak bisa lagi ditempatkan di Pulau Jawa. Maka, lokasinya adalah di Pulau Sumatera," terang IB Ilham Malik, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Lampung kepada berita lampung , Jumat (18/1/2013).

Menurut Ilham, Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali, jika penduduknya digabungkan, maka jumlahnya mencapai 85 persen dari total penduduk Indonesia. Sehingga penempatan pusat pemerintahan di Pulau Sumatera, merupakan opsi yang paling realistis. Apalagi, kegiatan ekonomi nasional, juga didominasi oleh kawasan ini.

Lampung berada sangat dekat dengan Jawa, namun dipisahkan oleh Selat Sunda, sehingga persoalan yang dialami Jawa menjadi tidak mudah merembet ke Sumatera. Sama seperti kemajuan ekonomi, meskipun ekonomi Jawa maju sangat pesat, terutama Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, tidak serta merta memajukan ekonomi di Sumatera, terutama Lampung.

Karena sangat dekat, maka perpindahan ini tidak akan terlalu terasa mengganggu kegiatan ekonomi nasional. Bahkan, pembangunan pusat pemerintahan RI akan memacu kemajuan ekonomi, sebagaimana diarahkan oleh Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Karena, penempatannya di koridor utama, yaitu kodidor Sumatera.

Untuk mendapatkan Berita update hari ini kunjungi Berita Lampung
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger