Selamat datang di Berita Lampung Online

Prediksi Harga Karet 2013

Sunday, December 30, 20120 komentar

Berita Lampung hari ini - Prediksi Harga Karet 2013 : Penurunan harga komoditas perkebunan pada tahun ini, menjadi kekhawatiran Indonesia. Petani pun merasa tidak bergairah karena harga sempat terjun bebas di kisaran Rp 24.000 per kilogram, turun Rp 10.000 dibanding harga rata-rata tahun lalu.

harga komoditi bahan pembuat ban mobil ini diprediksi akan mengalami penurunan, hal ini disebabkan melebihnya pasokan dari pada permintaan, produksi karet alam akan mengalami surplus sebesar 299.000 metrik ton pada tahun 2013. Produksi global diperkirakan akan naik menjadi 11,9 juta ton pada 2013 , permintaan akan karet dari Eropa dan China akan mengalami penurunan akibat membaiknya pasokan karet dunia, 

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu , tiga negara produsen karet terbesar dunia yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand telah mencapai kesepakatan memperbaiki harga karet alam dengan cara menerapkan pengurangan ekspor hingga 300.000 ton. 

Demi menjaga stabilitas harga supaya tidak jatuh, pemerintah akan menurunkan target produksi karet sebesar 12,6% mulai tahun 2013 dibandingkan produksi tahun ini. Tercatat oleh pemerintah, tahun ini produksi karet Indonesia mencapai 3,04 juta ton.

Berdasarkan data ITRC, total produksi karet dari tiga negara terbesar ini sudah mencakup 67 persen dari total produksi dunia. Produsen karet alam Indonesia sebagian besar adalah petani yang berjumlah sekitar 2,1 juta orang. Mereka menguasai 85 persen luas areal karet alam nasional.

  
Untuk mendapatkan Berita update hari ini kunjungi Berita Lampung
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger