Selamat datang di Berita Lampung Online

Partai PKBIB, PDP, PKPI Tidak Lolos Verikasi faktual KPUD Kaltim

Sunday, December 23, 20120 komentar

Berita Lampung hari ini Partai PKBIB, PDP, PKPI Tidak Lolos Verikasi faktual KPUD Kaltim: Tiga partai politik (parpol) dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda. Hasil ini berdasarkan rapat pleno terbuka hasil verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2014 yang dilaksanakan KPU Samarinda, terhadap 16 parpol yang dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh KPU Pusat. Tiga parpol tak lolos tersebut adalah Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Kebangkitan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB).


Kemudian 13 parpol yang lolos verifikasi faktual adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat (PD), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Persatuan Nasional (PPN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Perlu diketahui, persyaratan parpol yang diverifikasi faktual KPU Samarinda adalah jumlah dan susunan pengurus, keterwakilan perempuan dalam pengurus, domisili, dan kelengkapan dokumen kantor. Ketua KPU Samarinda Syarifudin Tangalindo mengatakan, parpol yang tidak memenuhi verifikasi faktual itu bermasalah dengan struktur pengurus dan keanggotaan yang dinilai tidak memenuhi ketentuan. “Ada tiga partai tidak lolos. PKBIB tidak menyerahkan data keanggotaan sama sekali, PKPI dan PDP tidak lolos syarat keanggotaan (jumlah tidak memenuhi syarat),” ucapnya.

Namun, hasil ini belum menjadi jaminan parpol yang tidak memenuhi syarat itu tidak bisa mengikuti Pemilu 2014. Apabila hasil di 13 kabupaten/kota lain, parpol tersebut memenuhi 75 persen syarat keanggotaan yang ditentukan KPU, mereka dapat mengikuti Pemilu 2014 tanpa harus ada perwakilannya di Samarinda. Selain itu, hasil yang dipleno KPU tidak menuai keberatan dari parpol yang tidak lolos. “Hasil verifikasi faktual tidak memvonis otomatis tidak lolos. Apabila ingin terlibat (Pemilu), harus kerja ekstra untuk memperbaiki keanggotaan parpol,” jelasnya.
Untuk mendapatkan Berita update hari ini kunjungi Berita Lampung
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger