Selamat datang di Berita Lampung Online

Waspada Tsunami datang hari ini Hingga Lampung

Wednesday, April 11, 20120 komentar

Berita Lampung Waspada Tsunami datang hari ini 9 april 2012 Hingga Lampung : Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melansir analisis awal penyebab gempa berkekuatan 8,5 SR yang menggemparkan Aceh, Sumut, dan provinsi-provinsi lainnya di Sumatera, Rabu (11/4).

"Analisis awal mekanisme gempa tadi yaitu sesar geser dan bukan sesar naik (bukan mega thrust) sehingga potensi tsunami tidak terlalu besar," demikian keterangan Kepala Pusat Data Informasi Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (11/4), yang disebar wartawan.

"Lokasinya yaitu di bagian luar dari daerah pertemuan lempeng (outer rise earthquake) jarak dari gempa 10 Januari 2012 yaitu kurang dari 30 KM," lanjutnya.

Intensitas gempa sekitar VII (sangat kuat) MMI di sebelah pantai barat Aceh, Sumatera Utara. Sedangkan di pantai barat Sumbar intesitas VI (kuat).

Dikatakan, travel warning tsunami di sepanjang pantai barat Aceh dan Sumut sekitar 1 jam. Barat Sumbar 1-1,5 jam, barat Bengkulu dan Lampung sekitar 2-2,5 jam.

"Masyarakat diminta waspada. Berdasarkan data pasang surut di Simeulue dan sekitar tidak ada perubahan. Masih normal. Posko BNPB terus melakukan pemantauan dan kontak dengan daerah," bebernya.

Ini perkiraan dari Pacific Tsunami Warning Center Tsunami tiba Pukul 16.21 WIB
Pacific Tsunami Warning Center yang berkedudukan di Hawaii melansir waspada tsunami sesaat setelah gempa 8,7 skala Richter mengguncang laut dekat Simeuleu, Nanggroe Aceh Darussalam. PTWC menyarankan, pemerintah setempat untuk memutuskan darurat bahaya tsunami di sejumlah kawasan.

Gempa ini terjadi di koordinat 2,0 lintang utara dan 92,5 bujur timur pada pukul 15.39 Waktu Indonesia Barat, 11 April 2012. "Gempa seukuran ini potensial menghasilkan sebuah tsunami merusak yang luas yang dapat mempengaruhi seluruh garis pantai di sepanjang Samudera Hindia."

PTWC memprediksi, jika terjadi tsunami, maka gelombang itu diperkirakan tiba pada pukul 16.21 di Simeulue, pukul 16.31 di Banda Aceh, pukul 17.17 di Padang, Sumatera Barat, dan pukul 17.38 di Bengkulu.

Gelombang tsunami ini juga disebut PTWC bisa menjangkau pesisir sejumlah negara di sekitar Samudera Hindia seperti India, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Maladewa, Malaysia, dan Madagaskar.

Namun PTWC menyatakan, waktu ini hanya prediksi dan gelombang pertama bisa saja bukan yang terbesar karena bisa merupakan serial gelombang.

Untuk mendapatkan Berita update hari ini kunjungi Berita Lampung
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger