Selamat datang di Berita Lampung Online

Jalan Tol Lampung - Aceh segera di bangun

Friday, March 2, 20120 komentar

Berita Lampung - Jalan Tol Lampung - Aceh segera di bangun : Jalan tol Lampung tembus Aceh sepanjang 2.700 kilometer, dalam waktu dekat akan terealisasi.

Percepatan mengenai proyek tersebut, yang dinamai jalan tol Trans Sumatera Highway, Selasa 921/2), dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/ MoU) antara Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel), Pemprov Sumatera Barat (Sumbar), Pemprov Sumatera Utara (Sumut), dan Pemprov Riau minus Lampung dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, di Palembang, Sumatera Selatan.

Rapat antara 10 gubernur di Sumatera, menteri BUMN, dan PT Jasa Marga untuk membahas percepatan pembangunan tol Trans Sumatera Highway telah menghasilkan satu kemajuan yang signifikan bagi terealisasinya proyek ini,” ujar Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Selasa (21/2).

Alex menjelaskan, penandatanganan Mou merupakan langkah awal percepatan pembangunan jalan tol yang akan menggabungkan konsep high grade highway (HGH) dan konsep full standard.

Pada rapat tersebut, Pemprov Sumsel mengajukan sedikitnya empat ruas jalan yang akan dibangun serta terintegrasi dengan tol Trans Sumatera Highway. Namun, realisasi pembangunan ruas jalan Prabumulih- Palembang diprioritaskan, karena dinilai sudah sangat mendesak.

Saat ini, ungkap Alex, pihaknya masih memikirkan pembebasan lahan yang dananya akan dianggarkan melalui APBD Perubahan (APBD-P) Sumsel 2012. Dia juga mengharapkan, bantuan dana dari APBN.

“Untuk biayanya masih dihitung, tapi tak perlu menunggu biaya ataupun feasibility study (FS) karena potensi ekonomi ke depan luar biasa, ungkap Alex.

Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman mengaku berani menandatangani Mou meskipun belum mendapatkan hasil studi kelayakan serta detail engineering design (DED) pembangunan ruas jalan di masing-masing daerah karena alasan tertentu.

“Alasannya karena MoU ini merupakan start awal untuk merealisasikan pembangunan tol. Setelah MoU, barulah kita periksa secara bersama FS maupun DED-nya masing-masing,” kata Adityawarman.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan, kehadirannya dalam acara itu untuk memfasilitasi pertemuan agar BUMN yang bergerak di bidang pembangunan serta pengelolaan jalan tol tidak lambat merespons peluang hingga pembangunan jalan tol jatuh ke tangan swasta.

“Sebab saya memiliki ideologi bahwa Sumatera dengan asupan listrik yang cukup dan terealisasinya pembangunan jalan tol akan menjadi wilayah yang luar biasa potensinya,” kata mantan dirut PLN ini.

Dahlan Iskan meyakini, Sumatera mampu mengalahkan kemajuan di Jawa, terlebih adanya percepatan pembangunan infrastruktur yang membentang dari Lampung hingga Aceh.

"Saya sangat menghargai semangat dari bapak-bapak gubernur ini. Saya yakin, ini bisa segera kita wujudkan. Dan kalau ini jadi, maka Jawa akan kalah," kata Dahlan di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (20/2).

Menurut Dahlan, potensi kekayaan alam di Sumatera sangat besar dan masih sangat banyak tanah yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai proyek infrastruktur. Semua ini akan memacu pembangunan ekonomi di kawasan ini.

Dalam pertemuan tersebut, berhasil menghasilkan beberapa kesepakatan antara Kementerian BUMN dan sejumlah gubernur untuk mempercepat infrastruktur di Sumatera.

"Saya tidak ingin pertemuan ini hanya sekadar wacana, tapi harus menghasilkan sesuatu yang pasti," tegasnya.

Dua bulan ke depan, direncanakan akan kembali digelar pertemuan serupa dengan agenda lebih konkret dan Riau akan menjadi tuan rumah. Provinsi Riau termasuk paling siap menyambut rencana tersebut.

Pembangunan jalan tol Lampung hingga Aceh tersebut diperkirakan memakan biaya sekitar Rp 150 triliun. Pekanbaru-Dumai sepanjang 126 km sudah selesai pembebasan lahannya tahun ini.

Selain Pekanbaru-Dumai, Riau juga merencanakan pembangunan jalan tol. Pekanbaru-Pelalawan-Rengat (202 km), Pekanbaru-Siak-Buton (70 km), Pekanbaru-perbatasan Sumbar (150 km), dan Rengat-Kuala Enok (70 km).

Untuk mendapatkan Berita update hari ini kunjungi Berita Lampung
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger