Selamat datang di Berita Lampung Online

Hasil survei pilkada aceh 2011

Friday, November 4, 20110 komentar

Berita Lampung - Hasil survei pilkada aceh 2011 : Hasil survei Occidental Research Institute (ORI) menyebutkan calon “incumbent” memiliki peluang besar untuk memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Aceh, 24 Desember 2011.

“Hasil survei kami dalam kurun waktu 5-31 Oktober, 93,7 persen responden masih mendukung calon pemimpin Aceh dari unsur incumbent,” kata Peneliti Senior ORI Budi Azhari di Banda Aceh, Kamis [03/11].

Menurut dia, alasan kenapa incumbent masih menjadi pilihan rakyat Aceh, karena mereka berpendidikan dan memiliki visi yang tinggi dan luas.

Faktor usia juga menjadi alasan incumbent akan kembali memenangkan Pilkada Aceh, kata Budi Azhari. “Orang muda lebih energik, apalagi setelah satu periode memimpin Aceh, para calon incumbent tersebut memiliki jaringan luas hingga ke tingkat internasional,” ujar dosen IAIN Ar Raniry Darussalam Banda Aceh.

Faktor lain karena calon dari incumbent tersebut terlibat langsung dalam proses perdamain Aceh. Banyaknya program perekonomian yang berpihak pada rakyat dilahirkan selama ini juga salah satu pemicu incumbent berpeluang besar memenangkan Pilkada ini, sambung Budi Azhari.

Selain itu, Budi Azhari menyebutkan, jumlah total responden dari survei dilakukan pihaknya sebanyak 3.960 orang. Dari total itu, hampir 94 persen masih memilih incumbent. ”Sebanyak 6,3 persen, ada responden memilih calon baru dan ada sebagian lagi tidak menentukan pilihannya,” jelas dia.

Untuk kategori kelas memilih, 63,2 persen dari kalangan menengah ke bawah dan 36,8 persen dari kalangan menengah ke atas, sebut dia. “Sebanyak 3.495 orang dari kalangan menengah ke bawah, sedangkan 465 orang dari kalangan atas,” demikian Budi Azhari. Ikuti Up date Berita Lampung hari ini
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger