Selamat datang di Berita Lampung Online

Ekspor Kopi Brasil Tembus USD5,7 Miliar

Tuesday, January 11, 20110 komentar

Berita Lampung Ekspor Kopi Brasil Tembus USD5,7 Miliar : Brasil semakin mengukuhkan diri sebagai produsen kopi terbesar di dunia setelah sepanjang tahun lalu mencatatkan rekor ekspor sebesar USD5,7 miliar. Dewan Ekpsortir Kopi Brasil (CECAFE) menyatakan, besarnya ekspor kopi 2010 berimbas pada meningkatnya pendapatan dari komoditas tersebut hingga 33 persen dibanding tahun sebelumnya.

Volume ekspor kopi Brasil tahun lalu juga merupakan yang terbesar sejak lima tahun lalu dengan 33 juta kantong, naik sembilan persen dibanding tahun sebelumnya. Realisasi volume ekspor tahun lalu juga lebih tinggi dibanding perkiraan analis yang memprediksi hanya 31 juta kantong.

Di antara beberapa faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekspor kopi kami adalah berkurangnya produksi di negara lain seperti Kolombia karena masalah cuaca ditambah naiknya konsumsi global," kata Direktur CECAFE Guilherme Braga di Sao Paolo, sebagaimana dikutip dari AFP, Selasa (11/1/2011).

CECAFE menambahkan, dengan hasil positif di 2011, eksportir Brasil sangat percaya diri menatap pasar tahun ini. Apalagi harga kopi diprediksi terus menguat. Braga memperkirakan, pendapatan ekspor kopi tahun ini bisa mencapai USD6-6,4 miliar. Kendati demikian, dia menyatakan produksi kopi di Brasil bisa menurun secara moderat hingga 10 persen karena puncak musim panen sudah dilewati.

Menurut CECAFE, pasar ekspor kopi Brasil tahun lalu masih didominasi Eropa sebanyak 54 persen, naik enam persen dibanding tahun sebelumnya. Sementara kawasan Amerika Utara mengimpor 22 persen atau naik dibanding 2009 yang hanya 13 persen, Asia 17 persen dan Amerika Selatan hanya empat persen. Berdasarkan data International Coffee Association (ICA), saat ini Brasil menguasai lebih dari 1/3 produksi kopi dunia.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger