Selamat datang di Berita Lampung Online

Waspada 10 Jenis Bencana Mengancam Lampung Selatan

Friday, November 12, 20100 komentar

Waspada 10 Jenis Bencana Mengancam Lampung Selatan ; Hasil pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung menunjukkan Kabupaten Lampung Selatan adalah daerah rawan 10 jenis bencana alam. Kepala BPBD Lampung, Albar Hasan Tanjung, di Bandarlampung, Jumat, menyebutkan masing-masing wilayah di daerah tersebut rawan terhadap gempa bumi, gunung meletus, banjir, tsunami, gelombang pasang, puting beliung, dan kebakaran hutan. "Masing-masing wilayah, sesuai dengan struktur geografisnya memiliki kategori rawan sendiri-sendiri, " kata dia. Albar mencontohkan, Kecamatan Kalianda yang merupakan wilayah berbukit pesisir, rawan terhadap bencana banjir, tanah longsor, dan tsunami.

Selain itu, Kecamatan Rajabasa yang merupakan kawasan pegunungan dan pesisir, dinyatakan merupakan titik rawan gunung meletus, banjir, tanah longsir, gempa bumi, serta tsunami. Sementara itu, beberapa kecamatan lain di Lampung Selatan juga dinyatakan sebagai wilayah rawan bencana, seperti Kecamatan Penengahan yang rawan terhadap gunung meletus, banjir, puting beliung, dan kebakaran hutan.

Hampir 17 kecamatan di daerah tersebut dinyatakan sebagai wilayah rawan terhadap bencana banjir, sementara untuk titik rawan tsunami selain Kecamatan Kalianda, Rajabasa, dan Ketapang, juga Seragi, Bakauheni, Sidomulyo, dan ketibung.

Selanjutnya, dia melanjutkan, BPBD Lampung, dengan delapan SKPD di daerah itu secara bersama melakukan koordinasi langkah penanggulangan bencana. Dalam kondisi itu, BPBD Lampung berkoordinasi dengan sejumlah instansi yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Bina Marga, Dinas Pengairan dan Pemukiman, Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan, dinas Kominfo, dan Kesbang linmas.

Selain delapan instansi itu, koordinasi juga dilakukan dengan Palang Merah Indonesia, pramuka, dan unsur LSM. Sedangkan dari unsur instansi pusat yang berada di provinsi, BPBD juga melakukan langkah koordinasi dengan polisi, TNI, BMKG, dan Badan SAR nasional.

"Langkah pertama kami adalah menunjuk komandan penanganan darurat untuk mengendalikan operasi lintas kabupaten/kota apabila bencana terjadi," kata dia. Setelah itu, dia melanjutkan, komandan penanganan darurat menjadi pengendali penuh kegiatan pengendalian bencana, dan merencanakan langkah operasi tanggap darurat
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger