Selamat datang di Berita Lampung Online

Proses Cara Pembuatan Kopi Luwak

Thursday, November 4, 20100 komentar

Proses Cara Pembuatan Kopi Luwak ; Menurut Speciality Coffee Association of Indonesia, salah satu proses pasca panen kopi yang unik ala Indonesia, adalah metode yang disebut giling basah. ” Sebagian besar petani di Sulawesi, Sumatra, lampung, Flores, dan Papua menggunakan proses unik yang disebut sebagai pengupasan basah atau wet-hulling (juga sering disebut sebagai semi washed). Menggunakan teknik ini, para petani mengupas kulit luar buah kopi dengan menggunakan mesin pengupas tradisional yang disebut “luwak”. Biji kopi, yang masih berselaput getah, kemudian disimpan hingga selama satu hari. Setelah masa penyimpanan, biji kopi dibersihkan dari getah dan kopi tersebut dikeringkan dan siap untuk dijual.

Beberapa pabrik penggilingan besar, perkebunan dan koperasi tani di Sumatra, Jawa, Sulawesi dan Bali memproduksi kopi dengan menggunakan metode pencucian penuh. Pertama, buah kopi yang matang digiling untuk mengupas kulit luarnya. Kopi yang telah dikupas kemudian ditempatkan dalam tangki atau tong untuk difermentasi selama 24 hingga 36 jam. Setelah difermentasi, biji kopi dicuci dan ditebarkan untuk dikeringkan diatas lantai semen atau meja-meja pengeringan. Setelah kering, cangkang atau pergamino menjadi mudah lepas dan rapuh. Kemudian, biji kopi dikupas dalam keadaan kering dan siap untuk disortir menggunakan mesin dan tangan sebelum dikemas dan diekspor. “

Proses unik ini, yang konon meniru proses alami Kopi Luwak yang asli ini, membuat beberapa kopi dari Sumatera Mandheling terangkat kualitasnya. Salah satunya adalah kopi dari wilayah Lintong yang memiliki ketinggian diatas laut antara 1.200 meter hingga 1.500 meter, yang kini disebut sebagai Blue Batak. Sebutan Blue katanya merupakan pujian dan penghargaan bahwa kopi ini memiliki status keningratan. Alias berdarah biru. Sudah saatnya kita maju dan meng-klaim bahwa Kopi Luwak adalah warisan budaya khas Indonesia. Dan ada proses sertifikasi keaslian-nya ! Karena inilah aset budaya yang harus kita bela dan kita pertahankan. Kopi Luwak 100% milik Indonesia !
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger