Selamat datang di Berita Lampung Online

Unik Pohon Pisang Dengan empat jantung dan Empat Tandan Buah

Thursday, October 14, 20100 komentar

Berita Lampung Unik Pohon Pisang Dengan empat jantung dan Empat Tandan Buah ; Warga Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kedu dibuat heran oleh pertumbuhan pohon pisang yang ada di lahan milik Suryadi (31), penduduk desa setempat. Pasalnya, pohon pisang itu memiliki tandan dan sekaligus jantung empat, sehingga tidak tumbuh seperti lazimnya tanaman buah tersebut, yang mana dalam satu pohon biasanya hanya muncul satu jantung atau tandan.

Suryadi mengatakan, keempat jantung tanaman pisang yang lokasinya tidak jauh dari pohon beringin besar dan mata air tersebut, mulai tampak tumbuh sekitar sebulan lalu. Kemudian, barangsur-angsur buah pisangnya pun bermunculan dalam bagian sisi yang sama, sehingga pohonnya saat ini agak miring sebelah ke kiri.

Agar tidak semakin memberatkan pohonnya, dahan yang ada di pohon tersebut sudah kami hilangkan, dan sebagian juga mengering, sehingga lepas dengan sendirinya," ujarnya.

Dia mengatakan, sebelumnya tidak menyangka sama sekali kalau tanaman pisangnya tersebut akan memiliki jantung dan tandan empat. Sebab, selama ini, pohon yang merupakan anakan dari tanaman pisang induk itu belum pernah berbuah. Bahkan pohon induknya, yang sudah mati, tidak pernah berbuah sekalipun.

Suryadi mengungkapkan, induk pisang tersebut ditanam sekitar 10 tahun yang lalu. Saat itu, dia diberi bibit dari salah seorang kenalanya, warga Tangkil, Kecamatan Bulu, sebanyak 5 batang. Namun demikian, dari 5 batang itu yang kemduain dapat bertahan hidup hanya satu, yakni induk dari anakan pohon pisang yang kini bertandan empat tersebut.

Menurutnya, waktu itu, kenalan yang memberinya bibit itu memang pernah mengatakan, bahwa bibit yang diberikannya itu anakan dari induk pohon pisang ''ajaib''. Sebab, dari satu pohon pisang induk tersebut keluar dua jantung.

"Saat itu, saya memang berharap, lima bibit pohon pisang anakan itu bisa mengeluarkan jantung lebih dari satu, seperti induknya yang ditanam di Tangkil, nyatanya tidak ada satupun yang sesuai harapan, bahkan hampir mati semuanya. Namun, kali ini, bisa keluar empat jantung," ungkapnya.

Kepala Desa Ngadimulyo, Bambang Suryono mengatakan, kejadian satu pohon pisang memiliki empat jantung dan tandan itu memang baru kali ini terjadi di desanya. Karenanya, wajar kalau sebagian masyarakat desa setempat kemudian merasa keheranan. "Hal itu sangat wajar, apalagi memiliki empat jantung, satu pohon pisang keluar dua jantung saja belum pernah terjadi di desa ini," ujarnya.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger