Selamat datang di Berita Lampung Online

Prediksi Hasil Survei Pilkada Batanghari oleh Lembaga Kajian Politik Regional Jambi

Friday, October 22, 20100 komentar

Berita Lampung Prediksi Hasil Survei Pilkada Batanghari oleh Lembaga Kajian Politik Regional Jambi : Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Batanghari, Abdul Fattah-Sinwan, berpotensi memenangi Pilkada Batanghari 23 Oktober (besok, red) satu putaran. Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Lembaga Kajian Politik Regional (LKPR) Jambi, tingkat elektabilitas pasangan nomor urut dua ini sebesar 39,24 persen.

Disusul pasangan Syahirsah-Erpan 38,01 persen, Hamdi Rahman-Juhartono 10.35 persen, Ardian Faisal –Pani Saharuddin, 8,19 persen dan terakhir pasangan nomor urut 4 Fathudin Abdi-Kemas Ismail Azim dengan persentase 3,55 persen.“Hasil survei ini bisa kita pertanggungjawabkan secara ilmiah. Kemudian untuk margin error paling tinggi sekitar 2 persen,” ujar Direktur Riset Analasis Survei, Reno Noverdi dalam jumpa pers, kemarin.

Dijelaskan Reno, persentase itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan di 60 desa (51,72 persen) dari 8 kecamatan di Batanghari. ‘’Dengan melibatkan responden sebanyak 300 orang dan pembanding sebanyak 91 responden,’’ katanya. Sejak dimulainya tahapan Pilkada Batanghari, katanya, LKPR sudah melalukan 3 kali surve. Reno meyakini, LKPR yang terakhir melakukan survei di lapangan.

Untuk tingkat popularitas kelima pasangan calon, sambungnya, tidak jauh berbeda antaran pasangan nomor urut 1 dengan nomor urut 2. Popularitas Syahirsah –Erpan sebesar 91,3 persen, Fattah-Sinwan 90,7 persen, Ardian-Pani 73,7 persen, Hamdi -Juhartono 48,7 persen dan Fattudin-Kemas Ismail 53,3 persen.

Selanjutnya untuk tingkat penerimaan (akseptabilitas) di masyarakat, pasangan Fattah –Sinwan lebih dominan dibandingkan dengan pasangan lainnya. Fattah –Sinwan sebesar 71,0 persen, Syahirsah-Erpan 63,3 persen, Ardian Faisal-Pani 13,0 persen, pasangan Hamdi Rahman-Juhartono 9,3 persen dan pasangan Fattudin Abdi-Kemas Ismail sebesar 5,7 persen.

‘’Hasil survei ini bisa berubah drastis jika pergerakan tim sangat gencar, atau menggunakan politik pragmatis. Karena pasangan nomor urut 2 dan nomor urut 1 ini hanya beda tipis,’’ katanya. Terakhir, LKPR menyimpulkan bahwa pilkada Batanghari diprediksi berlangsung satu putaran. Kedua, dari analisa trend tingkat keterpilihan (elektabilitas) pasangan Fattah – Sinwan lebih berpeluang memenangkan Pilkada Batanghari.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger