Selamat datang di Berita Lampung Online

Perempuan terkaya di dunia Hurun List of Self-Made Women Billionaires

Tuesday, October 12, 20100 komentar

Berita Lampung Perempuan terkaya di dunia : Daftar perempuan terkaya di Planet Bumi ini didominasi warga China. Lebih dari setengah perempuan pengusaha terkaya dunia berasal dari China. Menurut laporan Hurun yang mengumpulkan informasi mengenai orang-orang terkaya China, hal itu sebagian besar berkat jasa Mao Zedong, pemimpin revolusioner dan komunis China, serta perawatan anak yang murah.

Berdasarkan Hurun List of Self-Made Women Billionaires yang diterbitkan pada Selasa sebagaimana diberitakan harian Financial Times, tiga perempuan paling kaya di dunia berasal dari China dan dalam daftar 20 perempuan terkaya dunia, 11 di antaranya dari China. Zhang Yin (53),

pemimpin sebuah perusahaan kertas daur ulang China, Nine Dragons Paper, merupakan pengusaha perempuan terkaya di planet ini dengan perkiraan kekayaan pribadi sebesar 5,6 miliar dollar AS. Wu Yajun (46), dari Longfor Property, berada di urutan kedua dengan total kekayaan 4,1 miliar dollar AS. Adapun Chen Lihua (69) dari Fuhua International, seorang konglomerat Hongkong, menempati urutan ketiga dengan kekayaan 4 miliar dollar AS.

Perempuan bukan warga China yang masuk daftar itu antara lain Rosalia Mera dari Spanyol dari kelompok usaha Zara, rumah mode, dengan kekayaan 3,5 miliar dollar AS. Dua perempuan lain yang juga dari dunia mode adalah Doris Fisher dari Gap yang menduduki urutan ke-8 dan Giuliana Benetton dari Benetton di urutan ke-11. Oprah Winfrey, pembawa acara televisi di AS, berada di peringkat ke-9 dengan kekayaan 2,3 miliar dollar AS.

Nandani Lynton dari China Eropa International Business School di Shanghai yang posisinya berada di atas para pengusaha Zara, Gap, Benetton, dan E-bay mengatakan, "Mao (Zedong) membuat perbedaan yang luar biasa ketika ia mengatakan, kaum perempuan memegang separuh langit. Sejak itu telah diasumsikan bahwa semua perempuan di China harus bekerja."
Perempuan China juga salah satu sosok yang paling ambisius di bumi. Hal itu menurut sebuah studi dari Centre for Work-Life Policy di New York, yang menemukan bahwa 76 persen perempuan China bercita-cita untuk mencapai jabatan puncak, bandingkan dengan di AS yang hanya 52 persen.

"Ibu bekerja di China dan negara-negara BRIC (Brasil, Rusia, India, dan China) mampu mencapai tujuan tinggi. Sebagian karena mereka memiliki lebih banyak 'bahu' untuk bersandar dari rekan-rekan mereka di Amerika dan Eropa ketika berkaitan dengan penitipan anak," kata pusat penelitian itu. Dengan beban kerja rata-rata 71 jam per minggu untuk perempuan China, penitipan anak yang murah sangat penting. Di China, jasa itu sering disediakan oleh para kakek-nenek.

Nandani Lynton mencatat bahwa bukan hanya ketersediaan perawatan anak yang murah atau gratis yang menjadi sebab, melainkan juga ketiadaan stigma yang melekat untuk menggunakan jasa perawatan itu telah membantu perempuan China mendominasi daftar orang terkaya secara global.

Namun, dibandingkan dengan lelaki China, perempuan masih tertinggal jauh. Menurut Hurun, hanya 11 persen dari orang terkaya China adalah perempuan dan total kekayaan 50 perempuan terkaya China hanya mencapai sepertiga dari total kekayaan 50 pria terkaya
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger