Selamat datang di Berita Lampung Online

Lampung Calon Ibukota Republik Indonesia Terbaik

Friday, October 15, 20100 komentar

Berita Lampung Lampung Calon Ibukota Republik Indonesia Terbaik : Provinsi Lampung memiliki potensi untuk menjadi calon ibukota khusus untuk pusat pemerintahan Indonesia menggantikan Jakarta. Secara demografi, Lampung lebih baik dibandingkan Palangkaraya, Kalimantan Tengah Jonggol, Jawa Barat maupun Banten. pemindahan pusat pemerintahan bukan berarti pemindahan ibukota negara. Ibukota negara memiliki banyak fungsi yang harus dinaungi seperti, pusat perdagangan, pendidikan, pariwisata, dan sebagainya. Sehingga, apabila ibukota dipindahkan, hal tersebut akan sulit dilakukan.

konsepnya yang dipindahkan hanya pusat pemerintahan saja. Sehingga, ibukota tetap di Jakarta. Karena, fungsi lain sudah ada di sana. Lokasi Lampung pun tidak terlampau jauh dari Jakarta,pemisahan ibukota negara dengan pusat pemerintahan sudah banyak dilakukan di negara lain. Misalnya di Malaysia yang memiliki ibukota negara di Kuala Lumpur dan pusat pemerintahan di Selangor.

sebenarnya Pemindahan Ibu Kota Republik indonesia sudah pernah didengungkan sebelumnya sekitar tahun 2008. Meskipun demikian, isu kembali menghangat setelah ada wacana dari pemerintah pusat yang akan memindahkan ibukota ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Bahkan, dua daerah di Indonesia yaitu kecamatan Jonggol, Bogor, Jawa Barat dan Provinsi Banten pun telah mengajukan usul supaya ibukota dipindahkan ke lokasi tersebut. Secara demografi, Lampung lebih baik dibandingkan Palangkaraya, Jonggol, maupun Banten.

Apabila pusat pemerintahan diletakkan di Palangkaraya, justru akan menimbulkan ketimpangan. Dengan lokasi tersebut, pemerintah memang bisa mewakili Indonesia bagian tengah dan timur. Padahal, penduduk di dua wilayah tersebut hanya satu pertiga dari seluruh penduduk Indonesia. Sementara, dua pertiga penduduk Indonesia berada di Indonesia bagian barat yaitu Pulau Jawa dan Sumatera.

Kalau pusat pemerintahan di Kalteng itu cuma akan menaungi satu pertiga penduduk Indonesia. Pemerintahan akan lebih stabil apabila pusat pemerintahan berada di Indonesia bagian barat karena mampu menaungi sebagian besar penduduk Indonesia, sementara mansyarakat Provinsi Lampung sangat homogen terdiri dari bebagai suku etnis budaya dan sangat wajar lampung dikatakan sebagai Miniatur Indonesia .

Secara Geografis Provinsi Lampung Cukup Aman dari dari Berbagai Macam Bencana Alam,yang banyak terjadi dalam dekade 20 Tahun. Kondusifas provinsi lampung cukup aman dari berbagai kerusuhan dan gejolak Politik yang memakan korban jiwa. (by; pakar Lampung)
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger