Selamat datang di Berita Lampung Online

Foto Matahari Bercincin Tampak di Belitung

Tuesday, October 12, 20100 komentar

Berita Lampung Foto Matahari Bercincin Tampak di Belitung : Fenomena alam di langit Tanjungpandan, Belitung, Selasa (12/10/2010) siang, mengundang perhatian warga. Matahari dikelilingi lingkaran besar menyerupai cincin. Fenomena alam berlangsung sekitar setengah jam antara pukul 10.30 hingga pukul 10.55 WIB.

Sinar matahari tidak begitu menyengat. Sekitar matahari tampak awan kehitam-hitaman. Lalu dikelilingi cahaya dengan warna seperti pelangi. "Sudah sering terjadi seperti itu. Saya sudah tiga kali melihat matahari bercincin di sini," kata Teja Pramana, warga Tanjungpandan.

Pemandangan berbeda ini juga terlihat di langit Tanjungpandan, Sabtu (17/4/2010). Fenomena yang oleh para ahli disebut Efek Halo ini terjadi pada siang hari. Lingkaran yang mengelilingi matahari itu berwarna-warni seperti pelangi. Meski tak terbentuk sempurna. Efek Halo pada matahari terjadi saat cuaca cerah.

Tak tampak ada awan mendung di sekitar matahari itu. Yang terlihat hanyalah gumpalan awan seputih kapas dan awan tipis berwarna putih seperti sedang tersapu angin. Langit pun berwarna biru cerah.

Banyak masyarakat yang ikut menyaksikan fenomena alam itu. Mereka mengabadikannya dengan kamera digital. "Saya baru kali ini melihat langsung matahari bercincin," ujar Fenny fotografer sebuah harian di Bangka yang datang ke Tanjungpandan dalam rangka Sail Indonesia 2010.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger