Selamat datang di Berita Lampung Online

Digital Forensik solusi Unik Deteksi Penjahat Dari Dell

Thursday, October 14, 20100 komentar

Berita Lampung Digital Forensik solusi Unik Deteksi Penjahat Dari Dell ; bertumbuhnya kejahatan yang memanfaatkan teknologi, membuat Dell menciptakan sebuah solusi yang unik, Digital Forensik. Saat ini jumlah tindak kejahatan yang meninggalkan bukti digital meningkat tajam. Dari PC, konsol game, hingga ponsel menuntut aparat terkait untuk menganalisa lebih dalam.

Nah, melihat fenomena tersebut Dell yang selama ini bergerak di penjualan produk dan layanan, mulai menggarap solisi baru bertajuk Digital Forensik. Solusi tersebut adalah, serangkaian produk hardware, storage, software dan layanan yang dirancang untuk menyederhanakan proses penanganan data dari perangkat digital yang disita. Dengan demikian, polisi dapat dengan mudah menemukan bukti yang dibutuhkan.

"Saat ini hampir semua kejahatan mengarah kearah teknologi. Mulai dari perampokan, penipuan, semuanya telah memanfaatkan teknologi," ujar Harjeet Singh Rekhi, Regional Director Solutions Sales & Strategy, Dell. Niatan Dell untuk menawarkan solusi Digital Forensik tampaknya tidak main-main. Sejumlah vendor ternama seperti AcessData, EMC, Intel, Oracle, Symantec, dan Vega dirangkul untuk memperkuat layanan mereka.

Dell memang memiliki cara unik untuk melebarkan sayapnya di industri teknologi. Setelah sukses dengan beberapa produk dan layanannya, pabrikan asal Amerika Serikat itu pun kini menghadirkan forensik digital yang diklaim dapat dengan mudah mengumpulkan semua bukti kejahatan berbentuk digital. Memang, aksi kejahatan sekarang ini tidak luput dari peran teknologi yang membantuknya. Misal aksi tipu-tipu melalui scaming, pembobolan kartu kredit, atau pun beragam kejahatan lainnya yang menggunakan komputer, telepon, bahkan konsol game. Lantas, bagaimana bisa Dell mengumpulkan bukti kejahatan melalui perangkat tersebut.

"Biasanya, pengumpulan barang bukti seperti telepon genggam atau komputer harus melalui banyak pihak sebelum sampai ke labolatorium untuk diperiksa. Solusi yang kami tawarkan tidak seperti itu, prosesnya lebih cepat karena menggunakan workstation," ujar Harjeet Singh Rekhi, Regional Director Solutions Sales & Strategy, Dell kala itu.

Ada pun proses yang dikerjakan Dell untuk mengumpulkan bukti digital, antara lain:

1. Barang bukti seperti ponsel, komputer, konsol game, hingga pemutar MP3 akan diambil datanya melalui perangkat khusus. Kemudian dikirim ke sejumlah workstation yang dimiliki Dell.

2. Data yang telah dikumpulkan, akan dianalisa oleh masing-masing server untuk mendapatkan bukti-bukti yang diperlukan selama dalam proses penyelidikan. Misalnya, sms pada telepon (meski telah dihapus oleh pelaku).

3. Data tersebut selanjutnya bisa digunakan bagi pihak terkait untuk melakukan penyelidikan.

4. Setiap kasus yang telah terselesaikan akan disimpan dalam datacenter, yang secara historis memungkinkan untuk di burn ke DVD dan disimpan bersama bukti fisik lainnya.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger