Selamat datang di Berita Lampung Online

Dana Pilkada Pacitan Belum Cair

Sunday, October 17, 20100 komentar

Berita Lampung Hingga kini dana untuk honor dan kegiatan Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pacitan belum juga cair. “Dalam Pilkada kali ini Panwas mendapat jatah dana Rp 600 juta namun belum turun sehingga terpaksa sementara pakai dana pribadi anggota,” ungkap Ketua Panwas Pilkada Pacitan Bambang Sumi Iwantoro, Seperti Dikutip Berita Lampung dari Tempo di kantornya, Senin (18/10).

Selain membiayai operasional sehari-hari dengan uang pribadi, personel pengawas Pilkada ini juga belum menerima honor. “Rata-rata per bulan, dana untuk honor anggota sekitar Rp 90-100 juta,” katanya. Menurut Bambang, dana sebesar Rp 600 juta yang belum cair tersebut sebenarnya kurang mencukupi untuk kebutuhan Panwas hingga berakhirnya Pilkada.

“Menurut hitungan kami, paling tidak Panwas membutuhkan sekitar Rp 850 juta,” ujarnya. Dana Rp 600 juta itu diperkirakan hanya cukup hingga November padahal perhelatan Pilkada masih berlangsung hingga Desember.

Dengan minimnya dana ini, dia mengatakan, Panwas harus mengencangkan ikat pinggang. “Dengan dana yang sangat terbatas ini, kami terpaksa akan mengurangi beberapa kegiatan misalnya pembentukan kelompok kerja (pokja),” jelasnya. Dalam setiap tahapan kerjanya, Panwas biasanya membentuk pokja.

Namun dia berjanji meski dana terbatas, tidak akan mengurangi fungsi pengawasan Panwas dalam Pilkada.

Bambang menambahkan Panwas juga ikut mengawal pendataan calon pemilih. “Sampai sekarang Panwas juga ikut memantau pendataan Data Pemilih Sementara (DPS) di desa dan kelurahan. Jika ada warga yang memenuhi syarat dan belum didata, Panwas akan melaporkan ke Panitia Pemilihan Suara (PPS) di tingkat kelurahan/desa,” paparnya.

Bambang mengatakan meski belum ada dana dari pemerintah, pihaknya tetap menjalankan tugas sebagaimana fungsi dan wewenang yang diatur perundang-undangan. Bahkan Panwas telah membentuk seluruh Panwas Kecamatan (Panwascam) yang mencapai 36 orang yang tersebar di 12 kecamatan dan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) di tingkat kelurahan dan desa yang mencapai 171 orang.

“Sesuai aturan, di tiap kecamatan hanya ada tiga anggota Panwascam sedangkan di tiap kelurahan/desa hanya satu PPL,” jelasnya. Total anggota Panwascam beserta personel kesekretariatan dan PPL mencapai 266 orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Damhudi mengatakan hingga saat ini KPU masih melakukan pendataan calon pemilih. “Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) terus mendata warga yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih,” ucapnya.

Pemutakhiran data calon pemilih dilakukan hingga 21 Oktober dan akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). “Lalu dimutakhirkan lagi hingga 31 Oktober untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT),” tambahnya.

Sesuai Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan setempat, jumlah warga yang berpotensi sebagai calon pemilih mencapai 474.865 orang.

Sesuai jadwal KPU, Pilkada Pacitan akan dihelat 20 Desember 2010 mendatang. Hingga kemarin, masih ada satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar di KPU. Rencananya hari ini akan ada dua pasangan bakal calon yang mendaftar.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger