Selamat datang di Berita Lampung Online

Pemutaran Festival film gay Batal

Tuesday, September 28, 20100 komentar

Pemutaran Festival film gay Batal ; Sejumlah lokasi yang sebelumnya berencana menayangkan pemutaran film gay sebagai bagian dari Q Film Festival di Jakarta, membatalkan agendanya. Pembatalan terjadi akibat tekanan sekelompok massa Front Pembela Islam, FPI, yang datang ke lokasi pemutaran film antara lain Pusat Kebudayaan Prancis CCF, Goethe Institut, Erasmus Huis, dan Japan Foundation di Jakarta.

Puluhan anggota FPI mengendarai motor roda dua dan kendaraan bak terbuka sambil membawa spanduk dan pengeras suara menuntut pengelola lokasi pemutaran film membatalkan niatnya.

Seperti dikutip Berita Lampung dari BBC di Jakarta, Sri Lestari, mereka juga membawa potongan gambar dari adegan film yang akan diputar untuk menunjukkan ketidaksenangan atas isi film-film tersebut.

Wakil Sekjen FPI Jakarta yang memimpin aksi protes, Awit Mashuri, mengatakan menolak festival ini karena bertentangan dengan nilai asli Indonesia. "Kan negara kita adalah negara agama, tentunya kita tak mau ada homo dan lesbian," kata Mashuri.

Dia mengancam akan ada aksi kekerasan jika pemutaran film tetap dilangsungkan. "Jangan salahkan kalau umat marah ambil tindakan sendiri, bakar tempat ini, membunuh orang di dalamnya," tantangnya. Meski seluruh aksi mereka diikuti puluhan aparat polisi, tidak ada tindakan pencegahan apapun dari aparat.

Pengumuman pembatalan film ini disampaikan dalam akun twitter resmi dari panitia festival, Selasa (28/9/2010).

"Semua screening film jam pertama (pukul 14.00 WIB) di CCF dan di Kineforum dibatalkan!" demikian pengumuman di @QFilmFestiva. CCF merupakan Pusat Kebudayaan Prancis yang bertempat di Jl Salemba Raya, sedang Kineforum berlokasi di Taman Ismail Marzuki.

Panitia juga memberi tahu kalau FPI juga sudah mendatangi tempat pemutaran film di Pusat Kebudayaan Jerman Goethe Haus dan Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis. Para calon penonton diminta untuk maklum dan berhati-hati.

Belum ada keterangan, apakah yang batal hanya pemutaran pukul 14.15 WIB atau seluruh acara. Sementara itu, Humas Panitia Q! Film Festival, Hally Ahmad, ketika dihubungi belum bisa memberikan komentar.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger