Selamat datang di Berita Lampung Online

Jumlah Formasi penerimaan CPNS Kota Yogyakarta 2010

Friday, September 17, 20100 komentar

Jumlah Formasi penerimaan CPNS Kota Yogyakarta 2010 ; Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi hanya menyetujui 44 dari 400 formasi calon pegawai negeri sipil yang diajukan Pemerintah Kota Yogyakarta pada 2010. "Kami pada 2010 hanya membuka lowongan CPNS untuk 44 formasi, yaitu 13 tenaga medis dan 31 tenaga umum," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta Tri Widayanto di Yogyakarta, Jumat (17/9).

Menurut dia, jumlah formasi yang diajukan merupakan formasi prioritas hasil investigasi kebutuhan pegawai dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan unit kerja di Pemerintah Kota Yogyakarta. Sekitar 400 formasi yang diusulkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) merupakan formasi prioritas dari sebanyak 2.000 tenaga baru yang dibutuhkan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Jumlah formasi 2010 yang disetujui tidak menyertakan formasi guru karena pemerintah pusat menilai jumlah guru di Kota Yogyakarta sudah mencukupi sehingga tidak memerlukan penambahan baru.

"Formasi tenaga teknis akan lebih dikonsentrasikan untuk memenuhi kebutuhan di wilayah, seperti kelurahan dan kecamatan, sedangkan formasi tenaga medis akan lebih difokuskan untuk memenuhi kebutuhan di puskesmas," katanya.

Ia mengatakan BKD telah melayangkan surat untuk meminta keterangan kepada Kementerian PAN tentang jumlah kuota yang dikabulkan dan memohon penambahan kuota karena Pemerintah Kota Yogyakarta masih membutuhkan banyak pegawai untuk mengisi sejumlah posisi. "Namun berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jumlah formasi yang telah disetujui tidak akan mungkin ditambah," katanya.

Ia mengatakan pemkot akan memikirkan pola terbaik agar tetap bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dengan jumlah pegawai yang terbatas, misalnya menerapkan sistem "outsourching" bagi tenaga-tenaga administrasi di kalurahan atau kecamatan.

"Tenaga outsourching hanya akan mengurus pekerjaan administrasi, bukan bertugas untuk mengambil kebijakan sehingga bisa diterapkan sistem outsouching," katanya.

Pemerintah Kota Yogyakarta dalam penerimaan CPNS 2010 mewacanakan untuk menaikkan batas minimal indeks prestasi kumulatif (IPK) pelamar dari 2,75 menjadi 3,00.

Kenaikan batas minimal IPK tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualifikasi pegawai yang diterima menjadi PNS Pemerintah Kota Yogyakarta meskipun standar penilaian IPK antarperguruan tinggi tidak sama, katanya.

Selain akan menaikkan IPK, Pemerintah Kota Yogyakarta juga mewacanakan untuk memperluas tingkat pendidikan pelamar dari diploma tiga (D3) menjadi sekolah menengah atas atau kejuruan (SMA/SMK), serta memprioritaskan penduduk yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Kota Yogyakarta. "Namun semua itu hanya masih sekadar wacana. Nantinya masih akan ada pembahasan lebih lanjut mengenai hal itu," katanya.

Tri mengatakan seluruh pemerintah kota dan kabupaten di DIY akan melakukan rapat kerja dengan pemerintah provinsi untuk membahas teknis penerimaan CPNS, di antaranya waktu penerimaan termasuk syarat-syarat yang harus dipenuhi pelamar. "Kemungkinan besar, pendaftaran CPNS sudah bisa dilakukan mulai Oktober 2010," katanya.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger