Selamat datang di Berita Lampung Online

Gempa Papua berkekuatan 7,4 SR Warga Panik Ada Tsunami

Thursday, September 30, 20100 komentar

Berita Lampung Gempa Papua berkekuatan 7,4 SR Warga Panik Ada Tsunami : Kabupaten Kaimana Papua Barat di guncang gempa berkekuatan 7,4 SR dinihari tadi, 30 September 2010. Warga pun panik. Sebagian lari menuju perbukitan karena adanya isu tsunami. Masih was-was, warga memilih tidak beraktivitas

Kapolres Kaimana AKBP Antonius Wantri Julianto mengatakan warga yang panik berlarian menyelamatkan diri menuju daerah pegunungan. ''Beberapa saat setelah gempa terjadi, warga berhamburan keluar rumah, lalu menyusul adanya isu akan terjadi tsunami, mereka kemudian lari menuju tempat yang lebih tinggi. Namun itu cuma sebentar. Sebagian warga sudah kembali ke rumah masing-masing."

Menurutnya, meski pusat gempa berada 141 kilometer di arah tenggara Kota Kaimana, tapi guncangannya sangat keras. "Memang hanya sebentar. Tapi guncangannya luar biasa, saya saja sempat kaget," katanya. Mengenai kerusakan, kata Kapolres, belum ditemukan. Menurutnya aktivitas warga juga sudah berjalan normal kembali, beberapa jam setelah gempa.

Seorang warga bernama Risdo S. menuturkan dia panik karena mendengar ada isu tsunami. "Saya saat itu bersama keluarga sedang tidur nyenyak, tiba-tiba rumah terasa bergoyang. Lalu kami keluar rumah. Ternyata warga
lain juga sudah berhamburan keluar."

Bahkan, ada juga warga yang langsung diangkut truk menuju perbukitan.
"Mereka hanya membawa bekal seadanya. Dan truk sempat beberapa kali bolak balik mengangkut," katanya.

Menurut Risdo mereka panik mendengar isu tsunami, karena juga melihat air laut surut, tidak seperti biasanya. ''Kami belum pernah melihat air laut surut sampai kering sekali begitu. Ini juga yang membuat kepanikan."

Risdo mengungkapkan saat ini sebagian kantor memilih tidak beraktivitas, karena warga masih was-was. Sekolah pun sepi, orang tua khawatir sehingga memilih tidak mengizinkan anak mereka bersekolah. ''Kami masih kuatir jangan-jangan isu tsunami itu benar."
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger