Selamat datang di Berita Lampung Online

Wah Konsultan Proyek Bantah Tanggul Situ Gintung Jebol

Sunday, August 8, 20100 komentar

Wah Konsultan Proyek Bantah Tanggul Situ Gintung Jebol : Pihak konsultan proyek pembangunan tanggul situ Gintung di Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan membantah bahwa tanggul yang baru sudah jebol kembali akbibat menaiknya debit air karena curah hujan yang tinggi pada Sabtu (7/8) sore.

"Bagaimana mau jebol, tanggulnya saja belum selesai dibangun semua. Kondisi tanggul Situ Gintung masih terbuka," kata konsultan proyek pembangunan tanggul situ Gintung dari PT Indra Karya Abdul Ghofur di Tangerang, Minggu (8/8). Abdul mengatakan, luapan air Situ Gintung Sabtu sore murni karena peristiwa alam, yakni curah hujan yang tinggi. Luapannya pun tidak berlangsung dalam waktu yang lama.

Buktinya, lanjut dia, setelah hujan selesai, air yang menggenang pun dengan cepat surut dan kondisi air di Situ Gintung pada siang hari tampak kering seperti hari-hari sebelumnya.

Sementara itu, pada proyek pembangunan tanggul Situ Gintung, spillwy (bangunan pelimpah) dan saluran air yang belum selesai seratus persen ternyata belum mampu mengakomodir air dari hujan yang cukup deras ditambah limpahan air dari daerah di sekitar situ.

"Spillwy belum berdiri utuh, sedangkan saluran air sepanjang satu kilometer sudah selesai 95 persen. Lima persennya terpotong oleh dua ruas jalan, yang nantinya akan dibangun jembatan," jelasnya.

Kepala Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Tangerang Selatan, Yudianto mengatakan, selain dari air hujan, situ Gintung juga menampung pembuangan air dari daerah-daerah di sekitarnya. "Pembuangan air dari Jalan Insinyur Haji Juanda dan dari perumahan-perumahan yang ada di sekeliling Situ Gintung mengarah ke satu tempat, yakni Situ Gintung," katanya.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger