Selamat datang di Berita Lampung Online

Subhanallah Meninggal Saat Jadi Imam Solat Subuh

Friday, August 20, 20100 komentar

Subhanallah Meninggal Saat Jadi Imam Solat Subuh ; Didaulat jadi imam, Muhammad Kasim malah berpulang ke Rahmatullah. Itu terjadi saat lelaki 63 tahun itu mengimami jamaah solat Subuh di musholla dekat rumahnya, Jalan Jambore IV, Perumnas Bumi Berngam Baru, Kota Binjai, kemarin (19/8).

Peristiwa terjadi di Mushola Al – Ichsan, Jalan Jambore IX. Ngadri (42), pengurus musholla itu, mengaku, kakek 11 cucu itu menghembuskan nafas terakhirnya saat sujud kedua rakaat pertama. Karena tubuhnya lalu telungkup dan ucapan takbir darinya tak lagi terdengar, “Membuat makmum yang persis di belakangnya, yakni Irfansyah, mengucapkan subhanallah sebanyak tiga kali lantas menyambung dan meneruskan solat hingga selesai menggantikan Imam Kasim yang akhirnya rubuh dalam posisi tertelungkup,” terang Ngadri, Sepertii Dikutip BERITA LAMPUNG dari POSMETRO MEDAN takziah di rumah duka.

“Betapa nikmatnya berpulang ke Rahmatullah dengan jalan seperti itu, padahal kami dengar baru semalam almarhum (Kasim -red) dihunjuk sebagai imam,” sambung sejumlah warga yang bertakziah. Lalu siapa (alm) Kasim?

Di lingkungan tempat tinggalnya, lelaki ditinggal mati isteri pada tahun 2002 itu dikenal rajin mengaji. Suaranya diakui fasih melantunkan ayat – ayat suci Al – Qur’an. Itu pula sebabnya usai tarawih dan tadarus pada Rabu (18/8) malam sejumlah jamaah Muholla Al- Ichsan memintanya jadi imam solat Subuh esoknya. “Aku bahkan sempat menyalaminya pertanda deal (jadi imam),” kata Ngadri, diamini Mili Efendi, jamaah musholla itu.

“Semasa hidup bapak bekerja sebagai wiraswasta. Sewaktu kami tinggal di Kuala Simpang (Aceh Tamiang), bapak mengelola usaha kilang kayu di sana. Saat kayu sudah sulit diperoleh, bapak beralih sebagai toke sawit dan getah. Bapak sangat bertanggung jawab membesarkan kami anak – anaknya, kalau ibu kami udah meninggal sewaktu kami masih tinggal di Aceh Tamiang, makanya bapak (lalu) pindah ke Binjai,” ungkap Muhammad Hafidz (29), anak kelima Kasim. Jenazah lelaki yang meninggalkan 9 anak -2 laki 7 perempuan- itu dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum tak jauh dari Perumnas Berngam.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger