Selamat datang di Berita Lampung Online

Relawan JPPR Siap Pantau Pilkada Wonosobo

Sunday, August 1, 20100 komentar

Relawan JPPR Siap Pantau Pilkada Wonosobo : Sebanyak 280 relawan Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) akan memantau pelaksanaan Pilkada Wonosobo, Senin (2/8) besok. Relawan pemantau ini akan disebar di 10 kecamatan, dengan basis pemantauan 25 persen dari jumlah TPS di tiap kecamatan.

Dalam rilisnya, Korlap JPPR Wonosobo, Muh Imron Rosyadi menyatakan, pemantauan ini merupakan bagian dari memperkuat partisipasi politik masyarakat. Guna perwujudan warga negara yang aktif dalam mengikuti perkembangan pembangunan demokrasi.

"JPPR berkeinginan memantau di beberapa daerah yang melakukan Pilkada, dan nantinya temuan lapangan hasil pemantauan bisa dijadikan penguat untuk melakukan usulan perbaikan terhadap tata pelaksanaan kepemiluan yang efektif dan efisien, baik dengan cara merevisi beberapa aturan Pilkada maupun pendampingan di masyarakat." katanya.

Adapun kecamatan yang akan dipantau oleh JPPR adalah Kepil (27 TPS), Kalibawang (14), Sapuran (27), Kalikajar (32), Kertek (37), Wonosobo (36), Mojotengah (25), Selomerto (22), Sukoharjo (15) dan Wadaslintang (27).

Hal–hal yang akan dipantau oleh JPPR adalah tata laksana pilkada dan situasi di TPS yaitu kenetralan TPS, adanya intimidasi sosialisasi DPT, kartu undangan dan kebebasan penyandang cacat. JPPR juga akan melakukan hitung cepat hasil perhitungan perolehan masing – masing pasangan calon di TPS.

"Tujuannya adalah untuk memperbandingkan hasil pemantauan JPPR di TPS dengan penghitungan PPK ditingkat kecamatan nantinya," ungkapnya.

Secara terpisah Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan Zaenal Ahmad mengatakan, pemantau Pilkada non parpol ini harus independen, punya sumber dana sendiri dan mendaftarkan diri ke KPU. Hingga kini, tim pemantau Pilkada yang sudah mendaftar hanya dari JPPR.

Ia berharap, usai melakukan pemantauan tim pemantau ini melaporkan hasil pantauannya. Jangan sampai hasil pantauan tersebut menjadi konsumsi pihak lain tapi menjadi bahan evaluasi KPU dalam menyukseskan Pilkada pada periode-periode selanjutnya.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger