Selamat datang di Berita Lampung Online

Pengembangan Desa Wisata di Lampung Barat

Sunday, August 1, 20100 komentar

Pengembangan Desa Wisata di Lampung Barat : Pemerintah Kabupaten Lampung Barat berencana mengembangkan desa wisata, karena selain dimintai wisatawan juga mendatangkan penghasilan bagi warga setempat. "Rintisan desa wisata yang dibuat nanti tentu akan banyak dampak yang ditimbulkan, selain mampu meningkatkan pendapatan asli daerah, pendapatan warga, desa wisata yang terbentuk nanti akan dapat memberikan dukungan kepada pelaku industri untuk dapat berkecimpung di dalammnya," kata Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Lampung Barat, Sudirman, di Liwa, Minggu (1/8).

Ia menjelaskan, desa yang terbentuk, akan dapat merangsang pertumbuhan industri pendukung lainnya. "Dengan desa wisata, akan merangsang masyarakat untuk dapat berkreasi menghasilkan karya yang apik dan unik, sehingga mampu mendatangkan pendapatan," kata dia.

Menurutnya untuk menuju desa wisata, tidak keseluruhan, namun dipilih beberapa karena dana yang dimiliki Pemkab Lampung Barat sangat terbatas.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah menentukan tiga wilayah yang menjadi target desa wisata diantaranya, Pantai Tanjungsetia, Kecamatan Pesisir selatan; Danau Ranau, Kecamatan Sukau; dan Desa Hujung, Kecamatan Belalau.

Tiga calon desa wisata di Lampung Barat tersebut, akan mewakili semua potensi yang ada di dalamnya, selain itu terwujudnya desa wisata, akan dapat membantu masyarakat setempat untuk meningkatan pendapatan, karena masyarakat akan langsung dilibatkan. Rencana utama pembuatan desa wisata di Lampung Barat, akan mencakup penataan, baik bangunan fasilitas juga peraturan yang akan mengatur mekanisme masyarakat yang akan dilibatkan.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger