Selamat datang di Berita Lampung Online

Rahasia Linguistik Simbol Bahasa Kuno Skotlandia Terungkap

Monday, August 16, 20100 komentar

Rahasia Linguistik Simbol Bahasa Kuno Skotlandia Terungkap ; Misteri linguistik muncul setelah ditemukan batuan dengan simbol tertentu di Skotlandia. Batuan ini muncul bahkan sebelum pembentukan negara itu sendiri. Seperti dikutip dari berita lampung dari BBC News, batuan ini diyakini telah diukir oleh masyarakat kuno yang dikenal dengan nama Picts. Kelompok ini muncul di wilayah Skotlandia pada abad 4 hingga abad 9.

Simbol-simbol ini, menurut peneliti, lebih condong menunjukkan ‘kata’ dibandingkan gambar. Meskipun kesimpulan ini juga banyak dikritik oleh para ahli.

Tim ilmuwan yang dipimpin profesor Rob Lee dari Exeter University, Inggris, menjelaskan simbol ini muncul di lebih dari 200 batuan. Mereka menggunakan metode matematika untuk menghitung rumusan yang terkandung di simbol sebagai cara mencari makna.

Menggunakan simbol atau karakter dari batuan, Profesor Lee dan kolega berhasil mengukur fitur simbol yang diberi nama ‘karakter yang tidak pasti’.

Mereka menyimpulkan bahwa ukiran Pictish adalah tanda-tanda simbolik yang mengkomunikasikan informasi dibandingkan sekedar gambar. Profesor Lee menerbitkan kesimpulan ini pertama kali April lalu.

Namun, artikel terbaru dari ahli linguistik asal Perancis Arnaud Fournet, membuka misteri ini kembali. Fournet mengatakan memeriksa ukiran Pictish dan menemukan simbol linear dengan menerapkan aturan-aturan bahasa tulis kepada benda kuno tersebut.

“Ini tampaknya seperti metode dengan penerapan dua dimensi ke dalam satu kesatuan dimensi simbol. Tulisan ini pasti memiliki beberapa tujuan, beberapa arti. Namun, ini sangat sulit untuk memberikan kesimpulan karena terkandung dalam data mentah. Bisa jadi ini adalah artefak bagi metode mereka,” ujar Fournet.

Fournet juga menyarankan peneliti menguji dan melakukan verifikasi simbol kuno lainnya. “Batas antara menulis dan menggambar tampak tidak jelas dalam kategori yang disebutkan dalam tulisan sebelumnya,” kata Fournet lagi
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger