Selamat datang di Berita Lampung Online

Jalan Alternatif Mudik di Lampung Rusak Parah

Monday, August 16, 20100 komentar

Jalan Alternatif Mudik di Lampung Rusak Parah ; Sebagian besar jalan alternatif di Lampung rusak parah. Dikhawatirkan, kerusakan menghambat pengalihan lalu lintas jika jalan lintas timur dan lintas pantai timur macet.

Pantauan Berita Lampung Senin (16/8), sejumlah ruas jalan terancam putus akibat saluran air nyaris amblas. Jalur penghubung lintas Sumatra dan lintas timur, misalnya, dipenuhi lubang dan genangan air. Lubang sedalam 50 sentimeter dan cukup lebar.

Sebenarnya kerusakan jalan sepanjang 27 kilometer dari Simpang Ketapang ke Simpang Gayam itu terjadi sejak awal tahun lalu. Tapi Pemerintah Provinsi Lampung belum masih membiarkan begitu saja, seperti jalan lintas Sumatra.

Kerusakan terjadi akibat jalan dilintasi truk berbobot di atas 20 ton. Maklum, itu merupakan jalur pengalihan kendaraan akibat adanya jembatan darurat di jalan lintas Sumatra kilometer 78, Ketapang, Lampung Selatan.

Di perempatan Kalibalok, misalnya, lubang dengan kedalaman hampir setengah meter menganga dibiarkan begitu saja. Separuh badan jalan nyaris rusak sehingga hanya satu sisi saja yang bisa dilalui. Kondisi ini membuat kemacetan karena antrian kendaraan harus bergantian melintasi ruas jalan itu.

Kerusakan lebih parah juga terjadi tidak jauh dari tempat itu. Aspal jalan yang telah terkelupas membuat jalanan bergelombang, berlumpur dan tergenang air. Sesekali kendaraan roda dua yang melintasi lokasi itu terperosok dan terpeleset. Pengendara sepeda motor harus ekstra hati-hati jika tidak ingin celaka.

Sejumlah warga yang tidak tahan menyaksikan kerusakan berusaha menambal lubang jalan. Mereka membeli batu dan tanah untuk menguruk lubang. Husin, misalnya, mengaku telah mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk membeli tanah dan batu. Husin mengaku tidak tahan dengan goncangan setiap melintas jalan itu. Kendaraan yang dia tumpangi juga sering rusak.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger