Selamat datang di Berita Lampung Online

Hitung Cepat Quik Count Rakata Institute pilkada Lampung Tengah

Thursday, August 12, 20100 komentar

Hitung Cepat Quik Count Rakata Institute pilkada Lampung Tengah ; Hasil penghitungan cepat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lampung Tengah 2010, Kamis (12/8), dari delapan kandidat bupati/waki bupati, belum ada yang memperoleh suara 30 persen. Pilkada diprediksi akan berlangsung dua putaran.

Rakata Institute di Bandar Lampung, Kamis (12/8) petang, yang melakukan penghitungan cepat membuat kesimpulan seperti itu. Berdasarkan peraturan yang berlaku, bila tidak ada yang mencapai angka tersebut, maka akan dilakukan putaran kedua dengan dua pasang calon yang memperoleh suara terbanyak. Menurut Syafnijal, salah seorang pemerhati pilkada di Lampung, untuk pilkada Lampung Tengah, memang diprediksi akan terjadi dua putaran.

Rakata Institute merilis hasil hitung cepat delapan kandidat, yakni
pasangan Musawir Subing-Midi Iswanto (PKB, PPP, PAN) memperoleh suara 6,69 persen. Yurida Erwin Nizar-Mufti Salim (PKS, Hanura, PBR) mendapat 19,15 persen. Helman Saleh-Lasno Hamid Al Asna (independen) 3,22 persen.

Selanjutnya, Hery Suliyanto-Syamsir Firdaus (Demokrat, PKNU, PNIM) 18,88 persen. Loekman Djoyo Soemarto-Cholilurrahman (independen) 1,03 persen. Pairin-Mustafa (Golkar) 25,62 persen. Musa Ahmad-Suwidyo (PDIP, PKPB, PKPI) 22,91 persen dan Wahadi Saeri-Sudarto (independen) 2,48 persen.

Dari laporan hitung cepat suara yang berhasil terakumulasi 90,43 persen, pasangan Pairin-Mustafa dan Musa Ahmad-Suwidyo bersaing ketat. Diprediksi dua pasangan ini akan maju pada pilkada putaran kedua meski masih harus menunggu hasil dari KPUD setempat.

Menurut Rahmat Wahyudi, direktur eksekutif Rakata Institute, lembaganya mengambil 115 TPS dari total 2.445 TPS sebagai sampel. Di setiap TPS ditempatkan satu relawan.

Sebanyak 115 relawan ditempatkan secara acak di 115 TPS yang tersebar di 28 kecamatan. Menurut dia, penghitungan cepat dimulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB.

Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP, ketika memantau proses pemungutan suara pilkada mengatakan bagi saksi pasangan calon yang menemukan pelanggaran dan kecurangan diminta segera lapor ke panwas dan atau Gakkumdu setempat sebelum hasilnya ditetapkan. "Kita harus fair, bagi yang menemukan pelanggaran segera dilaporkan panwas atau Gakkumdu. Jangan sudah ditetapkan dan ada yang kalah baru melaporkan," katanya.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger