Selamat datang di Berita Lampung Online

Tabung Gas Desain Baru Aman Dari bahaya Ledakan

Friday, July 2, 20100 komentar

Berita Lampung Tabung Gas Desain Baru Aman Dari bahaya Ledakan ; Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi Energi BBPT usulkan perbaikan atas desain kompor dan tabung gas LPG 3 kg menggantikan tabung gas yang dapat menimbulkan kecelakaan. "Dengan desain baru yang terintegrasi dengan hanya satu titik yang dikontrol oleh pengguna, diharapkan mengurangi faktor resiko akibat kesalahan pengguna," kata Direktur Pusat Teknologi Konversi dan Konservasi, Arya Rezavidi di Gedung BPPT, Jakarta, Jumat (1/7/2010).

Menurutnya, kompor dengan desain baru tersebut akan mengurangi human error menjadi sepertiganya. "Desain ini pernah diajukan pada awal konversi tahun 2007 namun tidak bisa. Program konversi ke elpiji sudah benar, artinya mengurangi beban pemerintah dengan asumsi maka dengan menggunakan elpiji seharusnya mereka mendapatkan saving," ungkapnya.

Ia mengungkapkan,tabung gas yang diinovasi kembali tersebut dinilai lebih aman daripada gas elpiji konversi yang milik pemerintah, dengan menggunakan tiga komponen seperti katup (valve), regulator, dan selang. "Tabung ini di disain dengan cukup aman diatas 100 bar. Harga tabung 3 kg 110 ribu, kompornya 70 ribu," paparnya.

Ia mengungkapkan, rekomendasi jenis kompor gas tanpa menggunakan tiga komponen tersebut tidak menutup kemungkinan akan mengalami nasib yang sama seperti tabung gas 3 kg hasil konversi pemerintah jika masyarakat masih menggunakannya di ruang yang hampa udara.

"Kalau kita masak diruang tertutup maka tidak ada ruang. Gas tentu terkumpul, dan masyarakat harus aware terhadap itu. Oleh karena itu, harus ada fentilasi atau dalam kondisi yang terbuka ruangannya," paparnya
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger