Selamat datang di Berita Lampung Online

Pesta Buku Jakarta 2010 Dimeriahkan 172 Penerbit

Friday, July 2, 20100 komentar

Berita Lampung Pesta Buku Jakarta 2010 Dimeriahkan 172 Penerbit : Sebanyak 172 penerbit yang tergabung dalam IKAPI (ikatan penerbit Indonesia), distributor, dan toko buku menggelar Pesta Buku Jakarta 2010 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Jumat (2/7). Rencananya, kegiatan tersebut akan berlangsung hingga tanggal 11 Juli mendatang. Umumnya peserta pameran buku ini berasal dari DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Kegiatan dengan tema “Jakarta Membaca” ini sebagai salah satu program IKAPI DKI Jakarta dalam memeriahkan HUT ke-483 Kota Jakarta.

Tema tersebut diambil sebagai ajang kampanye kepada masyarakat agar mau untuk meningkatkan minat baca buku. Dalam pameran ini, baik penerbit maupun pengunjung diajak untuk berpartisipasi menyumbangkan buku. Nantinya buku hasil sumbangan itu akan diserahkan pada taman bacaan yang membutuhkan.

Ketua Panitia Pesta Buku Jakarta 2010, Mappa Tutu, mengatakan, kegiatan ke-20 ini merupakan sudah menjadi agenda tahunan IKAPI DKI Jakarta. Ke-172 peserta akan menempati 245 stand yang ada. Buku yang diperjualbelikan dalam pesta buku itu adalah semua jenis buku baru, buku langka, dan buku murah. Yang menarik, semua penerbit akan memberikan diskon hingga 70 persen.

"Selain sebagai pameran, Pesta Buku Jakarta 2010 ini menjadi arena edukasi karena didukung acara menarik seperti olimpiade Matematika untuk SD, SMP, dan SMA. Sejauh ini peserta yang telah mendaftar dalam pesta buku itu mencapai 600 orang yang berasal dari Jawa dan Bali," terang Mappa Tutu, Jumat (2/7). Pameran tersebut menargetkan 50 ribu pengunjung setiap hari.

Ketua IKAPI Pusat, Setya Darma, Seperti Di kutip Berita Lampung dari Berita jakarta mengatakan Pesta Buku Jakarta 2010 ini bertujuan mengajak masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta agar gemar membaca. Ia berharap kota Jakarta nantinya dapat menjadi kota pendidikan, kota budaya, dan juga sebagai kota ilmu pengetahuan.

Sedangkan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengaku gembira karena untuk kesekian kalinya ia mendapat kesempatan membuka pesta buku Jakarta. Ia berharap pada tahun berikutnya, Pesta Buku Jakarta diadakan lebih meriah lagi dan terbesar di tingkat Asia.

“Tema Jakarta Membaca, memang tepat, karena mengajak warga Jakarta untuk gemar membaca. Terlebih dengan membaca, warga akan terbebas dari kebodohan. Saat ini minat baca anak didik luar biasa, namun apakah minat tersebut berkembang pada hal yang positif atau yang lain," kata Fauzi Bowo, saat membuka Pesta Buku Jakarta 2010, Jumat (2/7).

Gubernur menyebutkan, Jakarta pada posisi lain merupakan bagian dari pusat pendidikan yang sudah barang tentu memerlukan buku. Karena itu, melalui sektor pendidikan, ia mendorong agar minat baca masyarakat terus bertambah. Saat ini, dengan banyaknya taman bacaan, minat baca masyarakat dengan sendirinya telah tumbuh dengan baik. Karenanya, hal itu perlu dipupuk terus menerus.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger