Selamat datang di Berita Lampung Online

Pilkada Kabupaten Binjai Putaran Kedua

Friday, July 2, 20100 komentar

Pilkada Kabupaten Binjai Putaran Kedua ; Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Binjai divisi teknis pelaksanaan pilkada, Heri Dwanto, mengatakan pemilihan kepala daerah (pilkada) kota Binjai putaran kedua diputuskan pada 3 Juli 2010.“KPU sudah menetapkan kepusan ini melalui rapat pleno. Rapat ini digelar tiga hari setelah diputuskan.Pasangan H Muhammad Idaham/Timbas akan bertarung dengan H Zefri Januar Pribadi/Baskami Ginting,” ujarnya, siang ini.

Menurutnya, Muhammad Idaham/Timbas ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak dengan 25.786 suara (23,06 persen) dari total suara sah 111.826 dan mengalahkan delapan pasangan lainnya.

Posisi kedua, ditempati pasangan, Zefri Januar Pribadi/Baskami Ginting dengan 22.213 suara (19,86 persen). Semula, katanya, pilkada putaran kedua ditetapkan pada 5 Juli, kemudian dipercepat menjadi 26 Juni 2010.

Dilanjutkan, KPU kembali mengubah jadwal, karena anggaran untuk pelaksanaan pilkada baru bisa dicairkan pada 30 Juni. KPU mengajukan anggaran sebesar Rp2,1 miliar ke Pemko setempat untuk pelaksanaan pilkada putaran kedua, yang kemudian disetujui sebesar Rp1,5 miliar.

“Anggaran sebesar itu baru bisa dicairkan pada 30 Juni. Karena kita mengubah jadwal pilkada. Insya Allah, kali ini tidak akan berubah lagi. Selanjutkan KPU akan menyosialisasikan jadwal baru tersebut, sekaligus menentukan jadwal kampanye bagi kedua pasangan," pungkasnya.

Diakui, terkait kesiapan logistik, tidak ada masalah. Surat suara sudah selesai dicetak dan disortir. Saat ini tengah dalam proses pelipatan. KPU mencetak surat suara sesuai daftar pemilih tetap sebanyak 173.662 lembar, ditambah 2,5 persen untuk cadangan.

“Pencoblosan pada hari H akan dilaksanakan di 398 TPS yang tersebar di lima kecamatan. Tingkat partispasi pada pilkada putaran pertama yang berlangsung 12 Mei lalu tercatat 115.182 pemilih atau mencapai 66,03 persen,” ungkapnya.

Sedangkan masa jabatan walikota dan wakil walikota Binjai periode 2005-2010, menurutnya, akan berakhir 1 Agustus 2010. KPU setempat menjadwalkan pelantikan kepala daerah yang baru pada 2 Agustus mendatang. selanjutnya Kita tunggu Hasil Quik Count Pilkada Binjai Putaran Dua
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger