Selamat datang di Berita Lampung Online

PencoblosanPemilu Kada Bone Bolango Tanpa Hansip

Monday, July 5, 20100 komentar

Berita Lampung PencoblosanPemilu Kada Bone Bolango Tanpa Hansip ; Seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pemilu Kada) di Kabupaten Bone Bolango (Bonbol),yang digelar Senin pagi hingga siang (5/7), tidak dijaga oleh satuan perlindungan masyarakat atau Pertahanan Sipil (Hansip), sebagaimana laiknya.

"Dari hasil pantauan kami, yang berjaga sejak malam hingga pada hari pencoblosan , hanya anggota kepolisian dari resort Bone Bolango," ujar Verrianto Madjowa, anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Gorontalo, Divisi hubungan antar lembaga , pengolahan data dan Informasi, Senin (5/7) dinihari.

Padahal menurut peraturan KPU, idealnya setiap TPS Pilkada dijaga oleh dua anggota Hansip . "Karena tidak ada Hansip yang berjaga, maka Polres Bone Bolango langsung berinisiatif untuk mengerahkan personilnya, masing-masing satu orang di setiap TPS," Kata dia.

Jumlah TPS Pilkada di wilayah itu, yakni sebanyak 236 buah, yang tersebar pada 134 desa dan kelurahan di wilayah itu, pemungutan suara dilakukan dengan cara mencoblos.

Pilkada di wilayah itu, diikuti oleh lima pasangan kandidat usungan partai politik, dan satu pasangan kandidat independen, dengan jumlah Daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 97.465 ribu jiwa.

Selain Bonbol, Pilkada juga digelar serentak pada dua kabupaten lainnya, yakni Pohuwato dan Gorontalo. Berbeda halnya dengan Bonbol , TPS Pilkada pada kedua kabupaten tersebut, dijaga oleh dua personil Hansip, untuk pengamanan selama jalannya pemungutan hingga penghitungan suara.(sumber mediaindonesia.com)
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger