Selamat datang di Berita Lampung Online

Pemilukada Depok 2010 Partai Hanura Berikan Dukungan Ganda

Thursday, July 29, 20100 komentar

Pemilukada Depok 2010 Partai Hanura Berikan Dukungan Ganda : Dukungan Partai Hanura menuai masalah. Berdasarkan verifikasi sementara yang dilakukan Komisis Pemilihan Umum (KPU) Depok, partai ini memberikan dukungan kepada dua pasangan yang maju dalam Pemilukada Depok 2010.

Mereka merupakan pasangan Wakil Wali Kota Depok 2005-2010, Yuyun Wirasaputra dan Pradi Supriatna serta mantan wali kota Depok 2001-2005, Badrul Kamal dan Agus Supriyanto. Bahkan, kedua dukungan yang dilampirkan kedua pasangan ini, ditandatangani Ketua Dewan Pimpinan Cabang (PDC) Hanura, Ari Kadarisman dan Sekretaris DPC Hanura, Irsan Jusan.

Hal ini tentunya melanggar Peraturan KPU Nomor 68 Tahun 2009 revisi Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2010. Di mana satu partai hanya boleh memberi dukungan pada satu calon saja. ” Karena itu, masalah ini kami jadikan prioritas, betul atau tidak ada dua dukungan dari partai ini untuk keduanya,” tegas Ketua KPU Depok, Muhamad Hasan, pada wartawan di kantornya di Jalan Kartini, Pancoran Mas, Rabu (28/7) sore

Ia mengatakan, verifikasi dilakukan hingga 1 Agustus nanti. Setelah itu, pihaknya akan segera mengirimkan surat hasil verifikasi kepada kedua pasangan untuk ditindaklanjuti lebih lanjut. Ia mengatakan KPU Depok memberi waktu tujuh hari untuk pasangan membenahi berkas yang kurang, termasuk kepada siapa dukungan Hanura diberikan.

Penuturan ini juga membantah berita yang selama ini berkembang beberapa hari terakhir. Sebelumnya, anggota KPU Impi Khani Bajuri mengatakan KPU Depok memutuskan untuk mensahkan dukungan Hanura pada pasangan yang lebih cepat mendaftar yaitu Yuyun-Pradi.

Hal ini dikarenakan pasangan ini mendaftar 11 jam lebih cepat dibanding Bardul-Agus. Yuyun mendaftar pukul 10.00 WIB sedangkan Badrul pukul 21.00 WIB. Hal ini berdasar pada PK KPU Pasal 7, di mana ditegaskan bahwa Parpol hanya boleh mendukung satu pasangan saja.

Pemilukada Depok akan dilaksanakan 16 Oktober ini. Selain Yuyun-Pradi dan Badrul-Agus, terdapat dua pasangan lain, Gagah Sunu Soemantri dan Derry Drajat serta Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail dan pasangannya Idris Abdul Somad.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda Komentari Tulisan di blog ini, Maaf Tidak Untuk berpromosi atau dianggap spam

 
Copyright © 2011. Berita Lampung - All Rights Reserved
Template Created by Pakar Lampung Proudly powered by Blogger